Harga cabai melonjak dipasaran karena stok berkurang
Harga cabai melonjak dipasaran karena stok berkurang

MANGUPURA, balipuspanews.com – Harga cabai tembus Rp 95 ribu di Badung. Pantauan Balipuspanews.com disejumlah pasar seperti pasar Mengwi, harga cabai dijual oleh pedagang Rp 95 ribu perkilo.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana, tingginya harga cabai tidak lepas dari penurunan produksi, dan berkurangnya luas lahan yang ditanami cabai di kabupaten terkaya di Bali itu.

“ Adanya penurunan pasokan petani menyebabkan cabai di pasaran berkurang sehingga berdampak pada harga cabai yang meningkat,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi harga yang semakin melonjak, demikian Widana, pihaknya mengaku akan mengkoordinasikan hal ini dengan Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Kabupaten Badung.

Dilain pihak Kepala Dinas Pertanian, I Wayan Wijana mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh PPL dari pihak Dinas Pertanian, ada pengurangan luas tanam cabe di Badung dari 98 Ha tahun 2018 menjadi 71 Ha tahun 2019.

“ Kondisi ini disebabkan karena cuaca ekstrim kemarau panjang yg berpengaruh pada debit air. Berkurangnya luas tanam berpengaruh terhadap produksi cabe turun dari 5.059 Kwintal menjadi 4.617 Kwintal,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, panen raya cabe biasanya berlangsung bulan September – Oktober, setelah itu produktivitas pohon cabe secara alami mengalami penurunan sampai puncaknya bulan Januari – Maret.

“ Karena sudah memasuki musim hujan yang tidak mendukung, pertumbuhan pohon cabai  mudah busuk, sehingga petani belum mau menanam cabai. Ditambah pasokan cabai dari luar daerah juga mengalami penurunan, maka harga cabai otomatis mengalami peningkatan,” ungkapnya melalui telepon, Jumat (24/1/2020)

Pihak Dinas Pertanian sudah merancang program pada tahun 2020 ini dengan meningkatkan produksi cabai dan bawang seluas 15 Ha, berupa pengadaan bibit dan sarana produksi.

Program tersebut diharapkan akan meningkatkan produksi cabai yang dimana akan ditargetkan 5.073,5 kwintal sedangkan kebutuhan cabai setiap bulan 1.340,4 kwintal. (cta/bpn/tim)