Selasa, Maret 19, 2024
BerandaNewsEkonomiHarga Gas LPG 3 Kg di Nusa Penida Tembus Rp 30 Ribu,...

Harga Gas LPG 3 Kg di Nusa Penida Tembus Rp 30 Ribu, Pemkab Klungkung Rapatkan Barisan

Semarapura,balipuspanews.com- Tingginya harga gas LPG 3 kg dikecamatan Nusa Penida, Klungkung membuat Pemkab Klungkung merapatkan barisan. Kamis ( 23/8/2018), bupati Klungkung Nyoman Suwirta bersama Sekda Gede Putu Winastra, Kabag Ekonomi Ketut Sena dan OPD terkait rapat khusus untuk mencari solusi agar harga gas LPG 3 kg bisa dikendalikan.

Rapat  tersebut juga  untuk menindaklanjuti Peraturan Gubernur Bali No 10 Tahun 2018 tentang HET (harga ecera tertinggi) gas LPG 3 Kilogram yang menyebutkan harga eceran tidak melebihi Rp 20 ribu pertabung.  Saat ini di Nusa Penida dan Nusa Lembongan harga HET gas LPG 3 Kilogram sudah tembus Rp 30 ribu sampai Rp 34 ribu

” Tujuan rapat ini bagaimana menindaklanjuti peraturan Gubernur Bali tentang HET gas LPG 3 kg  dan mencari harga penaambahan ongkos angkut ke Nusa Penida. Bagaimana pun ini penting ditindak lanjuti. Nanti harga gas LPG di Nusa Penida memenuhi harga kewajaran,” ujar Kabag Ekonomi  I Ketut Sena

Ia menjelaskan, selama ini harga gas LPG di Nusa Penida dan Lembongan bervariasi dipengaruhi oleh  angkutan yang digunakan distributor (agen). Untuk mementukan ongkos angkut, awalnya diukur berdasarkan tiga parameter yakni menggunakan sampan biasa, LCT, dan Roro. Sesuai ketetapan pemerintah, parameter yang digunakan yakni jenis angkutan yang tarifnya termurah, yakni dengan roro

BACA :  Gelar Sidak ke Nusa Penida, Komisi 3 DPRD Klungkung Temukan Pilar Gedung SD Negeri 7 Suana Keropos

” Parameter yang kita gunakan menyebrangkan  degan Roro. Untuk Roro itu sekali angkut, bisa memuat 12 truck yang mengangkut tabung LPG. Setelah kita kalkulasi, ketemu harga ongkos angkutan Rp.2600 per tabung (pulang-pergi). Sementara nilai itu yang kita temukan sesuai harga realita,” ungkap Ketut Sena.

Dengan angka tersebut, pihaknya optimis dapat menseragamkan HET LPG  3 kg di Nusa Penida sesuai dengan amanat Pergub,yakni dibawah Rp 20 ribu per tabung.

” Jadi HET yang  kita kalkulasi sementara, yakni harga pokok tabung lpg 3 Kg Rp 14500,  ditambah ongkos angutan laut, yakni Rp.2600 pertabung. Itu kalkulasi awal kita. Sebagai komoditi bersubsidi, harga gas LPG Rp 3 kg tidak boleh harga ecerannya itu terlalu tinggi, karena itu untuk kepentingan masyarakat kecil dan kita dapat kendalikan,” ujar Ketut Sena.

Sementara terkait HET di Nusa Lembongan akan dikoordinasikan lebih lanjut,mengingat menuju Nusa Lembongan/Ceningan angkutan juga memerlukan boat/sampan.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegaskan,  perbedaan harga HET gas LPG 3 kilogram di Kecamatan Nusa Penida memberikan dampak yang kurang bagus terhadap pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Nusa Penida.

BACA :  Semua Sekolah di Klungkung Direncanakan Akan Berbasis Data Mulai Bulan Maret 2024

” Perbedaan harga gas LPG di Klungkung daratan Rp.14.500  sampai Rp 30-34 ribu di Kecamatan Nusa Penida tentu  sangat signifikan selisihanya. Situasi ini jangan dibiarkan, bila perlu agar harganya sama,” ungkap Suwirta

Oleh sebab itu, pihaknya berusaha membuat sistem sebaik-baiknya untuk menemukan harga kewajaran dan menentukannya dengan parameter tarif angkutan roro.

” Dari hitung-hitungan tadi, seharunya pertabung kena ongkos Rp. 1300 (sekali menyebrang), ditambah harga pokok gas lpg Rp. 14.500, sebingga kita dapat harga standart sekitar Rp.16 ribu.  Maka himbuan pemerintah dibawah Rp. 20 rb,  saya pikir sangat bisa diterapkan di Nusa Penida. Jika ada celah tanpa kita subsidi, tentu itu kita coba misal  manfaatkan roro,” jelas Suwirta

Sementara terkait  HET di Nusa Lembongan dan Ceningan, akan diupayakan berkerjasmaa dengan pemilik perahu.  sehingga,  harga yang ditentukan masih wajar.

” Jika kita belum menemukan harga kewajaran, kita harus turun tangan dengan pemeradayaan Koperasi dam Bumdes. Sehingga selisih harga gas LPG di Klungkung daratan dan Nusa Penida termasuk Lembongan dan Ceningan dapat tercapai,” jelasnya. (Roni)

BACA :  Semua Sekolah di Klungkung Direncanakan Akan Berbasis Data Mulai Bulan Maret 2024

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular