Harga Jeruk di Pohon dengan Kualitas Bagus, Agustus Ini Tembus Rp. 6 Ribu Perkilogram

Harga buah jeruk Kintamani mulai menjanjikan karena tembus Rp. 6 Ribu Perkilogram
Harga buah jeruk Kintamani mulai menjanjikan karena tembus Rp. 6 Ribu Perkilogram

BANGLI, balipuspanews.com – Walaupun masih dalam masa pandemi, harga jeruk di musim panen tepatnya di bulan Agustus 2020 ini terbilang sedang dibandingkan dengan harga tahun lalu.

Salah seorang petani jeruk asal Kintamani, I Wayan Sutresna mengungkapkan, harga jeruk pada bulan ini, untuk kualitas bagus perkilonya tembus sampai Rp. 6 ribu.

“ Untuk harga jeruk di pohon, dengan kualitas yang bagus dan besar perkilonya mencapai Rp. 5,5 ribu sampai dengan Rp. 6 ribu,” ujarnya kepada media ini, Selasa (11/8/2020).

“Sedangkan, untuk harga jeruk dengan kualitas atau ukuran yang lebih kecil Rp. 4,5 ribu perkilonya,” imbuhnya.

Sutresna menambahkan, daripada tahun lalu, harga jeruk tahun ini terbilang sedang. Dan dirinya juga tidak memungkiri bahwa, di musim panen ini, jeruk dipasaran juga terbilang laris diburu oleh pembeli.

Lantas kemana Sutresna menjual jeruk?

Sutresna mengaku menjual jeruk dengan sistem kontrak. Hal itu dimaksudkan biar lebih simple, di samping harga jeruk yang terbilang sedang, tanpa harus menjualnya kembali di pasar untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Sebagai petani jeruk, Dirinya berharap agar harga jeruk bisa kembali naik, sehingga petani bisa lebih bergairah menyambut musim panen ini.

“Mudah-mudahan harga jeruk bisa lebih naik dan tidak turun, agar petani bisa lebih bergairah,” harapnya.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka Suryawan