Senin, Juni 17, 2024
BerandaKarangasemHarga Pakan Melonjak, Peternak Ayam Petelur di Karangasem Menjerit

Harga Pakan Melonjak, Peternak Ayam Petelur di Karangasem Menjerit

KARANGASEM, balipuspanews.com – Kegelisahan kini melanda peternak ayam petelur di Kabupaten Karangasem menyusul melonjaknya harga jagung untuk pakan ternak serta melorotnya harga telur di peternak.

Menurut salah seorang peternak asal Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, I Ketut Edi Santa, lonjakan harga jagung sudah terjadi sejak sebulan terakhir ini. Tak main-main, harga jagung kini tembus Rp 10 ribu per kilogramnya sedangkan harga telur turun menjadi Rp 34 ribu pertrainya di peternak.

Dengan kondisi ini, Edi mengaku setiap hari harus merugi hingga puluhan ribu rupiah, lantaran harga pakan tidak sebanding dengan hasil penjualan telur yang dihasilkan, sehingga tidak sedikit peternak terpaksa selektif mengafkirkan atau menjual ayam yang produktivitas telurnya dirasa mulai menurun.

“Sudah sebulan ini naik, selain harga yang mahal kita juga cukup kesulitan membeli jagung, sekarang stok pakan saya cuma 6 kampil, ini hanya cukup untuk pakan satu hari saja, saya bingung harus mengadu dan minta solusi kemana, semoga kondisi ini segera berlalu,” ujarnya, Senin (15/1/2024).

BACA :  Tim Akademisi FP Unwar Tawarkan Pengolahan Kotoran Babi Dengan EM4

Hal yang sama juga dirasakan oleh peternak lainnya di Desa Sebudi, I Gede Rudi. Selama bergelut di jalur ayam petelur, menurutnya baru kali ini terjadi lonjakan harga jagung yang cukup mencekik peternak. Biasanya harga paling tinggi dikisaran Rp 7 ribu per kilogram setelah itu harga kembali stabil, namun kini harga jagung bahkan menembus Rp 10 ribu per kilogram, itupun sangat sulit untuk mendapatkannya.

“Mau tidak mau melihat situasi ini, kita peternak minimal harus bertahan saja sampai kondisi harga mulai membaik, tidak sedikit peternak menjual sebagian ayamnya ada juga yang menjual kendaraannya untuk menutupi lonjakan harga pakan,” kata Rudi.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular