salah seorang pengepul vanili asal Desa Batuagung, Jembrana.

NEGARA, balipuspanews.com-Petani vanili di Jembrana kini bisa menikmati hasil panen kebun mereka dengan senang. Lantaran harga buah vanili yang mereka panen terus merangkak naik.

Naiknya harga buah vanisi basah itu mulai terjadi sejak awal musim panen sekitar sebulan lalu. Awalnya  yang buah vanili basah yang dihasilnkan petani perkilogran harganya Rp. 100 ribu.

Naiknya hargai itu kemudian terus merangkak naik dan kini menjadi Rp. 200 ribu perkilogram.

“Naiknya bertahap dari Rp.100 ribu naik menjadi Rp.130 ribu kemudian naik lagi sampai sekarang menjadi Rp.200 ribu perkilo,” ujar Menurut Ketut Sutama, petani vanili asal Banjar Palungan Batu, Desa Batuagung, Jembrana. Kamis (16/1).

Dengan harga yang terus naik, Sutama yang memiliki kebun vanili seluas 30 are mengaku cukup senang karena jerih payahnya merawat tanaman vanilinya tidak sia-sia.

Apalagi saat musin panen tahun ini kuwalitas buah vanili yang dihasilkan tergolong cukup baik dibandingkan tahun lalu yang cendrung agak kecil-kecil kriting dan kecil-kecil.

“Buah vanili sekarang besar-besar dan mulus. Tetapi vanili saya tidak bersamaan berbuah sehingga tidak bisa panen serentak tetapi harus bertahap,” jelasnya.

Naiknya harga vanili basah di tingkat petani ini dibenarkan oleh Toni Asih, salah seorang pengepul vanili asal Desa Batuagung, Jembrana. Menurutnya kenaikan harga vanili mulai terjadi sejak sebulan.

Menurtnya harga vanili basah ini akan terus naik karena musim panen skarang buah vanili yang dihasilkan petani sedikit tidak seperti musim panen tahun lalu yang berlimpaj.

“Panen vanili sekarang tidak sebanyak tahun lalu. sehingga harganya kemungkinan akan terus naik,” ungkapnya.

Sementara untuk vanili kering menurut Toni Asih harganya masih stabil yang di kisaran Rp. 1,7 juta perkilogram.

”Karena harga buah vanili basah terus naik maka petani lebih memilih menjual vanili basah karena lebih cepat mendapat uang dibanding menjual vanili kering yang membutuhkan proses pengeringan,”ungkapnya.(nm/bpn/tim)