Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarHari Dharma Karya Dhika, Kemenkumham Gelar Bhakti Sosial Donor Darah Hingga Bagi...

Hari Dharma Karya Dhika, Kemenkumham Gelar Bhakti Sosial Donor Darah Hingga Bagi Sembako

DENPASAR, balipuspanews.com – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) Bali, Jamaruli Manihuruk, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto, dan Kepala Divisi Keimigrasian, Amrizal, mengikuti kegiatan bhakti Sosial bertajuk “Kumham Peduli, Kumham Berbagi” dan empati kumham bagi keluarga yang meninggal karena Covid-19.

Kegiatan ini berlangsung secara virtual dilaksanakan di Ruang Dharmawangsa Kanwil Kemenkumham Bali, Kamis (21/10/2021).

Sementara dalam pelaksanaan kegiatan bhakti sosial yang terpusat di Selasar AHU dihadiri oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM (Prof. Edward Omar Syarief Hiariej), Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI (Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H), Inspektur Jenderal (Ir. RAZILU, M.Si), Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi (Dr. Lucky Agung Binarto, S.H,.C.N,. M.H), Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan Kepala Biro/Kapusdatin.

Juga dihadiri perwakilan penerima bantuan empat kumham serta undangan lainnya. Diantaranya, Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Penasehat Kehormatan Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama Unit Utama, Kepala RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Para Kepala Kantor Wilayah, Kepala DIvisi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi (Dr. Lucky Agung Binarto).

BACA :  Kalapas Kerobokan Sebut Tidak Ada Korban Jiwa Saat Insiden Kebakaran Bangunan Blok Tirta Gangga

Sebagaimana dilaporkan, kegiatan bertajuk “Kumham Peduli, Kumham Berbagi” ini sebelumnya telah dilaksanakan oleh Kemenkumham dalam bentuk kegiatan pemberian sembako membantu masyarakat terdampak covid-19.

Dilanjutkan kegiatan donor darah dan pembagian kelengkapan adaptasi kebiasaan baru. Berupa pemberian masker, handsanitizer dan perlengkapan makan. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bantuan empati dan paket kelengkapan adaptasi kebiasaan baru.

Pemberian ini diserahkan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada Tenaga Kesehatan, berupa Alat Pengaman Diri (APD) dan Beasiswa Pendidikan Kepada Perwakilan Anggota Keluarga ASN yang meninggal dunia.

Pelaksanaan pemberian empati ini dilaksanakan secara serentak pada 7 Unit Kerja Pusat dan 19 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Di lokasi berbeda, dalam bhakti sosial ini juga dilaksanakan penyerahan 1.000 Paket New Norma Kit Kepada Kepala Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet yang diberikan oleh Direktur Perawatan Kesehatan Rehabilitas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara virtual.

Dalam sambutannya, Kepala RS Darurat Wisma Atlet Mayjen TNI Budiman mengucapkan terima kasih atas empati dan kepedulian dari jajaran Kemenkumham kepada relawan yang bekerja di RS Darurat Wisma Atlet. Kepedulian yang diberikan sangatlah berarti dalam melaksanakan tugas agar terhindar dari kemungkinan terinfeksi virus Covid-19.

BACA :  Bagi Yuliarsana, Pelayanan BPJS Kesehatan Sangat Canggih dan Informatif

Sementara Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Edward Omar Syarief Hiariej, dalam sambutannya menyampaikan Hari Dharma Karya Dhika merupakan hari lahir Kemenkumham yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober.

 

 

“Tidak hanya sekedar perayaan saja tetapi implementasi makna dari nilai dan arti kata Dharma Karya Dhika itu sendiri harus dapat melekat dan terinternalisasi dengan baik ke dalam diri setiap Insan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI,” ujarnya.

 

 

Di Tahun 2021 ini, Prof Edward menghimbau kepada seluruh insan Kemenkumham dimana pun berada untuk tetap tenang dan waspada. Mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan mendukung kinerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani Pandemi Covid-19.

 

 

“Dengan kerjasama yang baik diantara seluruh jajaran, saya yakin pandemi Covid-19 ini dapat segera selesai dan seluruh kehidupan berbangsa dan

 

bernegara akan kembali normal seperti sedia kala,” terangnya.

 

 

Diakhir sambutannya, Prof Edward meminta kepada seluruh insan Kemenkumham untuk menyukseskan kegiatan ini sehingga di hari Dharma Karya Dhika pada tahun ini.” Kita dapat berbagi dan menyebarkan kebaikan kepada masyarakat,” tandasnya.

BACA :  Banyak Ditemukan Kesalahan Penulisan Surat-surat, ASN Pemprov Bali Diberi Sosialisasi Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia

 

 

Sementara itu, di Kantor Wilayah Kemenkumham Bali menyerahkan bantuan Beasiswa Pendidikan kepada 1 orang perwakilan keluarga yang meninggal karena covid-19 dengan jumlah nominal bantuan sebesar Rp. 8.850.000.

 

 

Selain itu juga dilaksanakan pemberian 100 paket new normal kit berupa Paper Bag, masker kain, masker medis, Hand Sanitizer, dan alat makan yang dibagikan kepada 4 Perusahaan Daerah (PD) Pasar yang ada di wilayah Kota Denpasar.

 

 

Terdiri dari PD Pasar Kreneng, Pasar Sanglah, Pasar Ketapian, dan Pasar

 

Badung. Selain membagikan paket new Normal Kit, Kantor Wilayah Kemenkumham Bali juga melaksanakan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di ruang Dharmawangsa. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Bali dengan melibatkan beberapa Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham.

Seperti Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar, Lapas Kelas IIA Kerobokan, Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan, Rupbasan Kelas I Denpasar, dan Bapas Kelas II Karangasem.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular