Wabup. Suiasa menyerahkan dana hibah untuk pembangunan Balai Banjar Cepaka sebesar Rp 2 M, di Wantilan Desa Adat Kapal, Sabtu(13/4).
Wabup. Suiasa menyerahkan dana hibah untuk pembangunan Balai Banjar Cepaka sebesar Rp 2 M, di Wantilan Desa Adat Kapal, Sabtu(13/4).
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

MENGWI, balipuspanews.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri acara semarak menyambut hari Kartini Tahun 2019, di Wantilan Desa Adat Kapal, Sabtu(13/4). Kegiatan yang mengambil tema “Kartini masa kini kreatif dan kompetitif” dihadiri karang taruna Desa Kapal, tim penggerak PKK, WHDI, dan lansia. Tampak hadir pula Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Lurah Kapal I Nyoman Sudiarta, serta tokoh masyarakat Kapal.

Dalam semarak menyambut hari Kartini tersebut, Wabup. Suiasa menyerahkan dana hibah untuk pembangunan Balai Banjar Cepaka sebesar Rp 2 M. Selain itu dana motivasi kepada PKK sebesar Rp. 5 juta, Lansia Rp. 5 juta, Karang Taruna sebesar Rp. 5 juta. Juga diserahkan hadiah lomba tata rias wajah, dan sanggul oleh tim PKK mulai dari juara 1 dari Br Pemebetan, juara 2 dari Br Cepaka, Juara 3 dari Br Cepaka, dan Juara favorit didapat Br Tegal Saat.

Wabup. Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat di Kelurahan Kapal dan Desa Adat Kapal yang sudah membangun kerjasama melalui koordinasi dengan baik serta terlaksananya kegiatan dalam rangka menyambut hari Kartini 21 April yang akan datang.

“Kegiatan semacam ini harus dijadikan atensi serta perhatian dari semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah, Kelurahan yang dimediasi oleh Pemerintah Kecamatan, tim penggerak PKK, Karang Taruna, dan masyarakat di Kelurahan Kapal,” jelasnya.

Ditambahkan, terkait penyerahan dana hibah kepada masyarakat di Br Cepaka, diharapkan memanfaakan dana ini sesuai peruntukan atau sesuai dengan proposal yang dicantumkan melalui kegiatan proposal membangun Balai Banjar yang mencukupi bagian dana 2 M.

Dikerjakan dengan swakelola masyarakat, karena hibah itu tidak mencantumkan nilai keuntungan dari pemborong itu sendiri.

Terakhir, dana ini harus dipertanggungjawabankan dengan membuat SPJ, administrasi penggunaan dana agar benar-benar sesuai dengan bukti fisik, dilengkapi dokumentasi.

Ketua Panitia selaku Bidang Pemberdayaan Perempuan, Ni Komang Tri Ani mengatakan, kegiatan menyambut hari Kartini di Desa Adat Kapal, diselenggarakan melalui bidang pemberdayaan perempuan karang taruna Kecamatan Mengwi yang bersinergi dengan PKK Kelurahan Kapal dan Kabupaten Badung beserta WHDI, Lansia kelurahan Kapal. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 11 April di Kantor Lurah Kapal.

Melalui kegiatan pelatihan tata rias, mesanggul Bali guna melatih PKK supaya mampu mandiri seperti berias diri dan mesanggul Bali. Disamping itu ada lomba busana adat Bali, agar meningkatkan daya saing, sehingga mampu berkompetensi menjadi Kartini masa kini yang mandiri.  (rls/bpn/tim)

Advertisement
Loading...