Hari Pahlawan, Wagub Ajak Generasi Muda Hargai dan Hormati Jasa Pejuang

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati

BADUNG, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengajak generasi penerus bangsa untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

“Hari pahlawan 10 November merupakan kristalisasi dari nilai-nilai perjuangan tanpa pamrih dari para pejuang bangsa, yang ingin bebas dari belenggu penjajahan,” tukas Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Pahlawan 2021 di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran, pada Senin (29/11/2021) petang.

Dilanjutkannya, fakta tersebut menjadikan keberadaan negara Indonesia merupakan sebuah hasil perjuangan para pendahulu.

“Hal tersebut bermuara kepada, eksistensi Indonesia tidak datang begitu saja namun hasil perjuangan para pahlawannya,” tutur Wagub Cok Ace.

Penglingsir Puri Ubud ini juga mengatakan, penting untuk meneladani dan meneruskan tonggak perjuangan para pahlawan Kesuma Bangsa. Utamanya bagi generasi penerus di masa terkini.

“Penting bagi generasi kini untuk mengingat bahwa kesejahteraan bangsa dapat dicapai bila generasinya menghargai jasa leluhurnya. Dalam ajaran agama Hindu pun disebutkan bahwa menghormati dan menghargai jasa leluhur adalah fondasi penting untuk menopang kesejahteraan bangsa,” tutur mantan Bupati Gianyar ini.

Spirit perjuangan dan kemerdekaan itulah yang dikatakan Wagub masih sangat relevan untuk diimplementasikan di masa kini.

“Saya mengharapkan pula sinergi yang lebih baik lagi guna mendukung program dan visi pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen pol Putu Jayan Danu Putra senada dengan Wagub Cok Ace mengajak generasi penerus bangsa untuk tidak henti-hentinya meneladani semangat perjuangan bangsa dan menjadi generasi yang pantang menyerah.

“Pantang menyerah melawan pandemi dan keterpurukan akibat pandemi. Terlebih untuk membangkitkan kembali pariwisata Bali kita bersama saling bahu-membahu. Kembali mempromosikan keindahan dan budaya. Dan Momentum hari pahlawan adalah waktu yang tepat dan jadi inspirasi bagi kita,” tutup Jayan Danu Putra.

Dalam acara yang juga dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Trisno Nugroho dan Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama tersebut, juga di-launching lagu karya jajaran Polresta Denpasar bertajuk “Garudaku Garudamu” serta “Papua ring Ati”.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version