Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaDenpasarHasil Karya Mahasiswa Arsitektur Unwar Dipamerkan

Hasil Karya Mahasiswa Arsitektur Unwar Dipamerkan

DENPASAR, balipuspanews.com – Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa (Unwar) memamerkan 12 tugas akhir mahasiswa di kampus setempat. Dua belas karya perencanaan yang dipamerkan merupakan wujud respons mereka atas berbagai persoalan di masyarakat.

Ketua Prodi Arsitektur Unwar, I Nyoman Gede Maha Putra, S.T, M.Sc, PhD., mengungkapkan, Kamis (18/4/2024) di Kampus Unwar, Denpasar, bahwa 12 karya perencanaan yang dipamerkan adalah karya dari 12 orang dari 180 orang mahasiswa angkatan 2020.

Menurutnya, pameran yang digelar bukan sekadar inovasi pihaknya untuk menunjukkan kualitas lulusan dari Unwar. Namun, karya-karya tersebut juga mencitrakan tanggung jawab publik calon arsitek terhadap berbagai persoalan di masyarakat.

“Pameran ini bagian dari tanggung jawab publik kami. Melalui pameran ini publik bisa melihat bagaimana hasil pembelajaran di Unwar. Isu-isu yang mereka angkat dalam tugas akhir ini adalah isu-isu yang ada di Bali dan direspons melalui karya arsitektur,” katanya.

Karya-karya mahasiswa tersebut ada yang merencanakan fasilitas terkait pertanian, budaya, hingga fasilitas bagi kelompok masyarakat yang tidak tersentuh.

BACA :  Pengrajin Kriya Diberi Ruang Kreativitas dan Kompetisi

“Harapan kami bagaimana mahasiswa bisa peka, bukan hanya memikirkan soal kapital, tapi juga mencari solusi atas fenomena di masyarakat. Konten keseharian masyarakat dipikirkan secara arsitektural, sehingga arsitek tidak hanya dianggap menggambar, tapi juga menyelesaikan masalah sosial,” katanya.

Dekan Fakultas Teknik dan Perencanaan Unwar, Dr. Ir. I Nengah Sinarta, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., mengatakan program tersebut sebagai program percepatan bagi mahasiswa. Pihaknya memberi ruang mahasiswa yang ingin berkembang dengan inovasi-inovasi dan menyelesaikan tugas akhir secara cepat dan berkualitas.

“Harusnya mereka wisuda pada periode September 2024 mendatang, tetapi mereka mampu lebih cepat dengan kualitas yang baik,” katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, pihaknya kini telah memiliki fasilitas gedung yang menghadirkan banyak ruang publik. Ruang-ruang publik tersebut nantinya diharapkan dapat menstimulus kreativitas dan inovasi-inovasi dari mahasiswa dalam mengembangkan keilmuannya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular