Warga pratisentana Dalem Bedahulu melangsungkan paruman bahas piodalan
Warga pratisentana Dalem Bedahulu melangsungkan paruman bahas piodalan

MANGGIS, balipusanews.com- Pangempon dadia pratisentana Dalem Bedahulu desa Antiga, Manggis, Karangasem menggelar paruman terbatas membahas pelaksanaan piodalan, Minggu (29/3/2020).

Kelian Dadia Pratisentana Dalem Bedahulu Antiga I Nyoman Plongor mengatakan, hasil rapat terbatas yang melibatkan jro mangku, prajuru dan panitia pura itu menyepakati piodalan yang akan berlangsung Rabu (8/4/2020) mendatang akan digelar ngalitin yang dilengkapi upacara Bendu Pidukan dan Guru Piduka.

“ Pelaksanaannya juga kami rubah. Akan dimajukan pagi hari pukul 09.00 Wita, yang semestinya dilaksanakan sore hari,” tegasnya.

Nyoman Plongor menegaskan, jumlah pangempong yang hadir juga dibatasi. Hal ini untuk menghormati himbauan pemerintah yang melarang adanya pembauran banyak orang untuk mencegah meluasnya wabah virus corona.

Menurut tokoh sepuh itu, umat yang tidak hadir langsung dalam prosesi tersebut bisa ngayeng dengan menghaturkan banten pejati pada pelinggih kemulan.

Semeton dadia tiosan mangde ngerastitiang karya piodalan inucap ngastiti bakti sakeng jro utawi genah paumahan soang soang melarapan ngaturang Pejati ring pelinggih rong tiga,” jelasnya.

Sementara Jro Mangku I Wayan Patra menyebutkan, terbatasnya jumlah pangempon yang hadir untuk mentaati himbauan pemerintah terkait wabah corona.

“ Hasil keputusan ini akan kami sebar kepada warga dadia. Baik melalui surat maupun di medsos,” ungkapnya yang segaligus sebagai penasehat dadia dan pemimpin rapat tersebut.

Dirinya berharap kepada warga dadia memaklumi hasil keputusan yang diambil demi keselamatan bersama, untuk memutus penyebaran virus corona ini, disamping juga dirinya menambahkan bhakti yang dilaksanakan dirumah juga tidak mengurangi makna dan wujud bhakti terhadap leluhur Pratisentana Dalem Bedahulu.

Disamping itu, Jro mangku mantan anggota DPRD Kabupaten Karangasem ini mengajak pasemetonan Dalem Bedahulu agar tidak panik dan selalu menerapkan pola hidup sehat, serta selalu mengikuti himbauan pemerintah dan bersama-sama ngrastiti bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi agar wabah Corona ini cepat berakhir.

Dumogi iraga sareng sami ngemolihang kerahayuan lan nenten lali titiang mewanti wanti nunas majeng ring semeton Dadia semangdene nginutin himbauan pemerintah ritatkala ngemargiang Social Distancing, setate ngemargiang pola hidup sehat lan sampunang lali ngastiti bakti, dumogi jagat, sarwa prani lan sedaging nyane ngemangguhin kerahayuan,” pungkasnya. (bud/tim/bpn)