Senin, Juni 24, 2024
BerandaBulelengHasil Pilkel Serentak di Buleleng, 5 Perbekel Incumbent Tumbang

Hasil Pilkel Serentak di Buleleng, 5 Perbekel Incumbent Tumbang

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak lima dari delapan incumbent akhirnya gagal untuk mendulang kemenangan di Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak 11 Desa yang ada di Kabupaten Buleleng, Minggu (24/9/2023).

Diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi sementara perolehan suara calon Perbekel pada Pilkel Serentak Kabupaten Buleleng 2023, adapun kelima incumbent yang gagal dalam perhelatan ini yakni Desa Banyupoh, Desa Pangkungparuk, Desa Sepang Kelod, Desa Sidatapa, Desa Dencarik, Desa Tukadmungga, dan Desa Sembiran. Sedangkan tiga incumbent lainnya di Desa Musi, Sangsit, Bondalem berhasil meraih kemenangan.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi ada lima incumbent tumbang dari lawan-lawannya, sedangkan yang perempuan itu ada dua news comer lolos di Desa Tukadsumaga dan Desa Pangkungparuk,” ungkap Plt Kadis PMD Buleleng Made Dwi Adanyana saat dikonfirmasi Minggu (24/9/2023) malam.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi atas capaian partisipasi dari masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Sebab dari total pemilih terdaftar sebagai pemilih tetap, ada rata-rata 70 persen masyarakat telah menggunakan hak pilihnya dalam Pilkel Serentak 2023.

BACA :  Pemkab Tabanan Gelar Lomba Cipta Menu BJOT dan Lomba Karaoke, Serangkaian Perayaan Bulan Bung Karno VI 2024

Dengan telah keluarnya hasil rekapitulasi pihaknya juga merasa bangga sebab proses pemilihan sudah berjalan aman, lancar, damai, dan demokratis.

Meski demikian, Dwi menerangkan setelah hasil rekapitulasi sudah didapat akan ada sejumlah tahapan lainnya dan yang akan dilaksanakan paling dekat yakni penetapan calon terpilih. Sedangkan tahapan untuk pelantikan Perbekel terpilih direncanakan pada 29 November mendatang.

“Astungkare (Pilkel Serentak) berjalan aman, lancar, kondusif semoga ini terus berlanjut sampai semua tahapan terselesaikan,” harapnya.

Sekedar diketahui dari hasil rekapitulasi sementara perolehan suara terdata ada 33 Calon Perbekel yang berkontestasi dalam Pilkel Serentak ini. Dimana rinciannya ada delapan incumbent, dua dari BPD, empat dari perangkat desa, dan sisanya merupakan news comer.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular