15/08/2020, 1:18 AM
Beranda Bali Buleleng Hemat Anggaran, Vaksinasi Dewasa dan Lanjut Usia Mulai Digulirkan

Hemat Anggaran, Vaksinasi Dewasa dan Lanjut Usia Mulai Digulirkan

DENPASAR, balipuspanews.com – Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Bali menggelar training vaksilogi bagi tenaga kesehatan khususnya Dokter penyakit dalam di Sector Restauran, Grand Bali Beach Sanur, Sabtu (20/4).

“Dengan vaksinasi akan ada penghematan anggaran, karena dengan vaksinasi penyakit dapat dicegah bukan mengobati,” kata dr I Gusti Putu Suka Aryana, SpPD, K-Ger Ketua PAPDI Bali dalam jumpa persya terkait vaksinasi di Sector Restauran, Grand Bali Beach Sanur.

Saat ini, kata Putu Suka sebanyak 80 persen anggota Dokter penyakit dalam yang berada di wilayah Bali termasuk pihak swasta mengikuti acara ini.

“Kita harap usai acara work shop ini, para peserta baik yang bekerja di rumah sakit negeri maupun swasta bisa membuka klinik vaksinasi,” jelasya.

Paling urgen yang dilakukan selain membuka klinik, juga memastikan tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit swasta dan negeri tercover vaksin, sehingga pasien bisa terlindungi.

“Kita akan rembugkan nanti usai work shop dengan perkumpulan rumah sakit untuk membahasa masalah tenaga kesehatan tercover vaksin, ” jelasnya.

Setelah itu, pihaknya akan merekomdasikan vaksinas yang urgent agar bisa digratiskan kepada masyarakat.

“Ada dinas Kesehatan disini nanti kita akan rekomendasikan soal vaksin utamanya soal vaksin dewasa dan orang tua,” ujarnya.

Sementara itu, dr I Wayan Suarjaya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengakui kalau sampai saat ini tak semua vaksin bisa dibiayi oleh pemerintah.

“Cuman satu vaksin yang gratis yakni vaksin kanker servik, yang lainnya seperti vaksin demam berdarah, influensa dan lain sebagainya masih mandiri,” jelasnya.

Kedepanya, jelas Suarjaya hal ini akan pihaknya bahas sehingga kedepan penyakit kronis bisa dicegah dengan vaksinasi.

Dr.dr.Iris Rengganis, SpPD Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI dengan vaksinasi sangat penting untuk mengurangi kematian.

Menurutnya Imunisais adalah upaya untuk meningkatkan kekebelan seseorang sevara aktif terhadap sesuatu penyakit sehingga bila suatu saat .

Berapa hal penting kenapa orang dewasa duata usia 18 tahun diberikan imunisasi karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi saat ini belum musnah di dunia, vaksin aman dan efektif mencegah penyakit, vaksin dapat membuat orang dewasa tetap sehat seperti halnya diet dan olahraga, sebagian orang dewasa adalah kelompok berisko sepertu penederita kronik seperti diabetes, jantung, asma, penyakit paru dan ibu hamil juga orang yang beresiko karena pekerjaannya.

Orang lanjut usia diatas 60 tahun merupakan kelompok yang rentan terhadap penularan penyakit infeksi karena penurunan kekebalan tubuh dan penurunan fungsi organ secara umum, serta banyaknya paparan kuman pada lanjut usia yang memudahkan terjadinya infeksipada usia lanjut.

Ada tiga vaksin yaitu influensam pneumonia dan herpes zoster. (art/bpn/tim)

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Kuasa Hukum Jerinx SID Ajukan Penangguhan Penahanan

DENPASAR, balipuspanews.com - Kuasa hukum Wayan Gendo Suardana SH, Jumat (14/8/2020) siang, mendatangi penyidik Ditreskrimsus Polda Bali untuk menyerahkan surat penangguhan penahanan terhadap Jerinx...