16/08/2020, 1:10 AM
Beranda Bali Tabanan Heryadi Angligan "Support" Kemajuan Tarung Derajat Tabanan

Heryadi Angligan “Support” Kemajuan Tarung Derajat Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com –
Tarung derajat merupakan sebuah seni bela diri asli Indonesia. Seni bela diri ini didirikan pertama kali di Bandung pada tahun 18 Juli 1972 oleh Achmad Derajat yang lebih dikenal dengan nama Aa Boxer.

Sejak didirikan, cabang olahraga ini kini sudah memiliki pusat latihan di seluruh Indonesia dan sudah resmi menjadi anggota KONI pada tahun 1998. Di Tabanan sendiri, pusat latihannya dirintis oleh Nyoman Jingga dan Putu Janu Arimbawa pada tahun 2005. Saat ini di Tabanan sudah berdiri enam pusat pelatihan tarung derajat dengan jumlah anggota lebih dari 100 orang.

Belum lama ini dalam waktu senggangnya Putu Janu Arimbawa salah satu perintis tarung derajat di Tabanan mengatakan, Nyoman Jingga adalah perintis tarung derajat di Tabanan. Sementara untuk posisi ketua umumnya saat ini dipegang oleh I Gusti Kade Heryadi Angligan atau yang lebih dikenal dengan panggilan Jik Hery.

“Pertama kali pusat latihan tarung derajat di Tabanan kami gelar di Sanggulan Kediri. Dengan segala keterbatasan yang kami miliki saat itu jumlah anggota kami sekitar 25 orang,” kenangnya.

Janu Arimbawa menambahkan, sampai saat ini anggota tarung derajat di bumi lumbung beras telah mencapai ratusan orang. Dari jumlah tersebut telah tercetak 16 atlet yang ikut bertarung pada Porprov di Tabanan pada bulan September 2019 lalu.

Terhadap kemajuan tarung derajat di Tabanan, Janu Arimbawa menyebutkan support pemerintah dari tahun sudah semakin membaik. Meski demikian pihaknya memandang perlu peran dari berbagai pihak agar dunia tarung derajat di Tabanan semakin berkembang pesat dan tentunya mampu menorehkan berbagai prestasi.

“Selain suport dari unsur pemerintah, keberadaan kami juga disuport secara individu oleh Jik Hery,” sebutnya.

Suport dari Jik Hery ini diakuinya tidak hanya dalam bentuk moral dan juga dalam bentuk finansial. Sehingga seluruh atlet mendapatkan fasilitas yang layak.

“Untuk memajukan seni bela diri tarung derajat ini, Jik Hery tidak tanggung-tanggung merogoh koceknya sendiri agar segala kegiatan pada Porprov kemarin berjalan dengan baik,” tambahnya.

Suport penuh Jik Hery ini diakuinya mampu mendorong diraihnya prestasi. Ini terbukti, dari 16 atlet yang ikut dalam kompetisi Porprov 2019 kemarin, tarung derajat mampu menyumbang 7 medali. Walaupun belum bisa menyumbang emas, tentu raihan prestasi tersebut akan menjadi bahan evaluasi untuk kompetisi – kompetisi berikutnya.

Disinggung mengenai mencuatnya nama Hery Angligan dalam bursa pencalonan Bupati Tabanan saat ini, Janu mengatakan kalau dilihat secara pribadi dan kematangannya dalam memimpin, Ajik Hery baginya sangat layak ikut dalam kompetisi pencalonan Bupati Tabanan. Bahkan pihaknya mengaku terus dorong agar Jik Hery maju dalam perhelatan pilkada tahun 2020 nanti.

“Selama ini jika saya singung mengenai politik, Ajik Hery selalu mengalihkan pembicaraan. Sering saya sarankan, jika ingin melakukan perubahan, beliau harus masuk kedalam sistem sehingga dapat ikut berpartisipasi untuk memajukan Tabanan dengan ide – ide gilanya,” terang Janu Arimbawa.

Janu Arimbawa kemudian mempertanyakan apabila Jik Hery berkenan turun gunung dan ikut dalam pencalonan akan menggunakan jalur yang mana. Apakah nanti maju dengan kendaraan partai politik atau melalui jalur independen.

“Kalau Jik Hery akan maju dengan kendaraan partai politik tentu harus ada parpol yang mau membuka peluang itu. Sedangkan apabila didorong maju melalui jalur independent, persyaratannya sangat berat, kecuali masyarakat Tabanan benar – benar ingin membuat perubahan besar di Tabanan,” tutupnya. (BPN/rah/tim)

Diseruduk Truck, Komang Terjun Bebas ke Jurang Sedalam 7 Meter

SEMARAPURA, balipuspanews.com - Kecelakaan laka lantas terjadi antara sepeda motor scopy DK 7521 LM yang dikendarai Komang SD (19) dengan kendaraan Truck Isuzu DK...

Terkait Kasus JRX, GPS Ikut Bersuara

BULELENG, balipuspanews.com - Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Direktorat Reskrimsus Polda Bali, I Gede Ari Sutisna alias Jerinx yang merupakan Drummer dari Superman Is...