Minggu, April 14, 2024
BerandaJembranaHidupkan Ciri Khas Bali, Kawasan Gilimanuk Akan Ditata Ulang

Hidupkan Ciri Khas Bali, Kawasan Gilimanuk Akan Ditata Ulang

JEMBRANA, balipuspanews.com – Untuk menghidupkan ciri khas budaya Bali, Kelurahan Gilimanuk yang menjadi pintu masuk pulau Bali dari sisi barat akan kembali ditata ulang.

Rencana penataan Kelurahan Gilimanuk itu disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Rabu (10/8/2021).

Menurut Tamba, untuk penataan masuk Gilimanuk pihaknya sudah melakukan MoU dengan ASDP dan saat ini tinggal menunggu design saja.

“Gilimanuk juga banyak menyimpan misteri, disana ada museum Manusia Purba, potensi itu kita belum gali,” ujarnya.

Bupati Tamba mengharapkan kerjasama warga Gilimanuk, dan harus berani bertanggungjawab terhadap kebersihan dan kerapian wilayah Gilimanuk.

“Untuk penertiban kawasan Gilimanuk akan di tata kembali dimana warga Gilimanuk harus berani bertanggungjawab di wilayah itu. Dimana kebersihan dan kerapian wilayah tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Justru ini bisa dinikmati juga oleh warga yang di Gilimanuk,” ujar Tamba yang berjanji meninjau Gilimanuk.

Keberadaan obyek wisata Karang Sewu yang sudah dikenal masih dalam penataan. Kedepan diharapkan bisa menarik kunjungan dari warga Banyuwangi, Situbondo serta Jember dan sekitarnya.

BACA :  Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Ketua DPRD Badung Sepakat Percepat Pembahasan APBD

“Akan segara digarap akan tetapi kita tata dulu kependudukan di Gilimanuk,” ungkapnya.

Kemudian untuk penataan Gelung Kori, lanjut Tamba, diawali mempercantik bangunan tersebut dengan dihiasi lampu warna warni yang terlihat pada saat malam hari.

Selain itu bangunan suci yang disangga empat ekor naga di empat penjuru mata angin itu diyakini sebagai pintu masuk Bali secara niskala yang mampu menetralisir kekuatan negatif.

Bangunan yang tersebut merupakan warisan dari Bupati IB Indogosa yang dibuat pada tahun 1996 silam tersebut diyakini berisi pengurip-urip dan pengelukatan (pembersihan) bagi yang melewati dibawahnya.

“Percaya atau tidak inilah yang perlu di yakini hingga kini, inilah yang perlu dibangkitkan ulang lagi. Untuk penataan lampu di malam hari sudah kelihatan bagus,” ujarnya.

Selain itu jalan utama menuju pelabuhan juga akan dibuat lebih semarak.

“Semua akan dikerjakan non APBD dan ini tanggungjawab saya sebagai Bupati. Kita bekerjasama dengan pihak ketiga. Justru ini masih banyak yang akan mensupport tempat-tempat yang ada di Jembrana,” ujarnya.

BACA :  Serahkan Bantuan Bedah Rumah kepada Warga Karangasem, Sekda Dewa Indra Pimpin Peletakan Batu Pertama

Terkait penataan kependudukan di Kelurahan Gilimanuk, Hak Pengelola Lahan (HPL) juga akan dievaluasi. Status HPL akan diperjelas seperti apa. Ada kesan HPL beberapa kali disewakan dan itu terus terjadi.

“Kita mengawali dengan mempertegas dan memperjelas HPL itu seperti apa,” tandasnya.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular