Hindari Informasi Hoax Saat Pilkada, AMSI Bali Gelar Cek Fakta

AMSI wilayah Bali gelar acara cek fakta Pilkada di Kubu Kopi Denpasar (foto AMSI Bali for balipuspanews.com)
AMSI wilayah Bali gelar acara cek fakta Pilkada di Kubu Kopi Denpasar (foto AMSI Bali for balipuspanews.com)

DENPASAR, balipuspanews.com – Menghindari informasi yang tidak benar atau hoax di media sosial mengenai berita Pilkada di enam Kabupaten/Kota di Bali, AMSI wilayah Bali melakukan cek fakta di Kubu Kopi Denpasar, Bali, Rabu (9/12/2020).

Cek fakta itu sekaligus bentuk literasi media kepada publik. Bagaimana publik bisa mendapatkan informasi yang benar, obyektif, serta bersih dari kebohongan.

Seperti diketahui, media sosial sering memberikan informasi baik berupa foto, video yang tidak benar atau bohong alias hoax dan berita palsu yang tidak sesuai fakta atau fake news.

Disela cek fakta, ketua AMSI Wilayah Bali I Nengah Muliarta mengatakan, cek fakta dilakukan untuk memerangi penyebaran berita hoax yang sangat meresahkan. Apalagi, dalam situasi Pilkada.

Atas pertimbangan tersebut, AMSI melakukan cek fakta untuk memberi kontribusi positif bagi kualitas demokrasi.

Muliarta yang juga mantan komisioner KPI ini menambahkan, AMSI sangat serius dan konsisten dalam mencegah penyebaran hoax.

“Dengan kegiatan ini, sekaligus menjadikan AMSI sebagai leader atau yang pertama organisasi atau Lembaga yang melakukan cek fakta pelaksanaan Pilkada di Pulau Dewata,” kata Muliarta.

Apa yang disampaikan Muliarta juga diamini sekretaris AMSI Bali, Rohmat. Menurut Rohmat, cek fakta Pilkada merupakan program AMSI yang mendapat dukungan Google News Initiative yang serentak digelar di 20 wilayah di Tanah Air.

“Sebelumnya tim pemeriksa fakta atau fact – checker sudah mengikuti pelatihan cek fakta yang digelar secara virtual,” kata Rohmat.

Menurut pemimpin redaksi Kabar Nusa ini, AMSI Bali sebelumnya juga melakukan cek fakta debat kandidat di Pilwalkot Denpasar yang diikuti belasan jurnalis dalam melakukan pengecekan atas klaim kandidat.

PENULIS/EDITOR : Oka Suryawan