22/09/2020, 12:29 AM
Beranda News HIV/Aids di Jembrana Mengkhawatirkan

HIV/Aids di Jembrana Mengkhawatirkan

NEGARA,balipuspanews.com- Berbagai upaya memang sduah dilakukan untuk meminimalisir permebangan kasus HIV/AIDS di Jembrana.

Namun penyebaran HIV/AIDS tetap mengkahwatirkan karena setiap tahun jumlah penderitanya terus bertambah.

Mengkhawatirkanya [enyebaran HIV/AIDS di Jembrana itu disampaikan pada sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan HIV/Aids di Mendopo Kesari Negara, Sabtu (7/3).

Sosialidsasi yang digelar DPC PDIP Jembrana itu menghadirkan Ketua BNK Jembrana yang juga Wakil Bupati Jembrana dan ketia DPC PDIP Jembrana  I Made Kembang Hartawan dan Koordinator Komunitas Jalak Bali yang bergerak di HIV/AIDS Made Suarnayasa diikuti yowana se-Jembrana baik karang taruna dan komunitas, PAC dan Ketua Ranting PDI-P se-Jembrana.

Koordinator Panitia yang juga sekretaris DPC PDIP Jembrana Ni Made Sri Sutharmi mengatakan dari data sejak Januari 2019 hingga akhir November temuan kasus baru HIV di Jembrana sebanyak 95 orang.

“Temuan kasus baru tersebut merupakan hasil test VCT di 15 klinik VCT.” ujarnya.

Jumlah ini menambah angka kasus HIV/AIDS tahun sebelumnya yakni 104 kasus. Sedangkan total kasus HIV/AIDS dari 2005 hingga 2019 sebanyak 1.047 kasus dengan jumlah yang telah meninggal dunia sebanyak 235 orang. “Kalau ini yang terdata saja. Kasus HIV/AIDS memang seperti fenomena gunung es. Karena itulah kita tidak bisa tinggal diam. Kita perlu menekankan dan memerangi bersama-sama,” ungkapnya.

peduli akan hal ini,” jelasnya.

Koordinator Komunitas Jalak Bali yang bergerak di HIV/AIDS Made Suarnayasa mengatakan untuk pengidap HIV/AIDS yang masih rutin minum obat ada 328 orang. Penderita HIV/AIDS itu 88 persen merupakan heteroseksual. 23 persen ibu rumah tangga dan sisanya yang sudah berstatus HIV namun tidak mau datang ke layanan. “Kami harapkan bagi yang beresiko bisa datang kelayanan untuk pemeriksaan dan jika ada yang terjangkit bisa diobati dan kami siap mendampingi,” ujarnya. (nm/bpn/tim)

- Advertisement -

Sepintas Seperti WNA Mayat Tanpa Identitas, Gegerkan Warga Desa Penuktukan

BULELENG, balipuspanews.com - Penemuan sosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan di Pantai Palisan, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula sekitar pukul 06.00 Wita oleh seorang warga...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play