Selasa, Juli 16, 2024
BerandaJembranaHPR Sangkaragung Divaksinasi Massal

HPR Sangkaragung Divaksinasi Massal

NEGARA, balipuspanews.com-Kasus gigitan anjing rabies yang terjadi di kelurahan Sangkaragung, Jembrana beberapa waktu lalu kembali ditindaklajuti dinas pertanian dan pangan Pemkab Jembrana. Jumat (25/10) tim dari dinas Pertanian dan Pangan, turun untuk melakukan vaksinasi dan control populasi hewan penular rabies (HPR).

Setelah tim siap dengan segala perlengkapannya, warga secara sukarela berdatangan ke balai banjar Sangkaragung sambil membawa hewan peliharaannya baik anjing, kucing maupun kera untuk divaksin rabies, pengobatan dan kontrol populasi HPR.

Beberapa warga mengaku kegiatan ini sangat membantu mereka ditengah kecemasan wabah rabies yang sempat terjadi di desa ini.

“Kami jelas khawatir karena beberapa waktu lalu ada dua orang warga yang digigit anjing positif rabies sehingga untuk mencegahnya anjing milik saya saya vaksin dan gratis juga,” ujar Ketut Dwipayanan, salah seorang warga.

Sementara itu, kepala bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana I Wayan Widarsa menyampaikan vaksinasi dan control HPR ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan atau bertambahnya kasus rabies yang terjadi di kelurahan Sangkaragung, pasca tergigitnya dua orang warga oleh anjing rabies beberapa waktu lalu.

BACA :  Ribuan Barang Bukti Tindak Pidana Dimusnahkan

Sampai selesai ada 40 ekor HPR baik, anjing, kucing dan kera yang dtangani mulai dari pengobatan, vaksinasi dan control populasi.

“Kita kolaborasi dengan temen-temen dokter hewan yang melakukan pengabdian di kelurahan Sangkaragung karena kemarin disini ada kasus gigitan positif. Nah dari hasil pelayanan hari ini terdapat 40 ekor HPR yang kami tangani,” ungkapnya.

Dari data di dinas Pertanian dan Pangan selama tahun 2019 ini jumlah kasus gigitan positif rabies sebanyak 9 kasus.Selain di kelurahan Sangkaragung kegiatan vaksinasi massal, pengobatan dan kontrol populasi HPR juga akan dilakukan di daerah-daerah zona merah rabies di Jembrana guna mencegah berkembangnya wabah rabies. (nm/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular