Rabu, Februari 28, 2024
BerandaKarangasemHujan Deras, Kecamatan Kubu, Karangasem Banjir Lumpur

Hujan Deras, Kecamatan Kubu, Karangasem Banjir Lumpur

KARANGASEM, balipuspanews.com – Hampir 6 bulan lebih tidak turun hujan akibat musim kemarau, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (1/11/2023) akhirnya diguyur deras.

Hanya saja, sekalinya turun, hujan malah menimbulkan banjir lumpur bercampur pasir dan krikil. Ini terjadi di wilayah Banjar Dinas Eka Adnyana, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Banjir bercampur material tersebut meluber dan mengaliri akses jalan di wilayah tersebut hingga sempat membuat masyarakat resah karena takut banjir masuk ke dalam rumah mereka.

Kelian Banjar Dinas Eka Adnyana, I Gede Ari Wiranata kepada wartawan menuturkan, pada Jumat sore, hujan deras mengguyur hampir di seluruh wilayah Tianyar terutama wilayah Tianyar hingga membuat aliran banjir dengan cepat membesar.

“Ya kemarin terjadi banjir bercampur material lumpur, pasir dan kerikil, aliran bercampur material ini menutupi selokan hingga membuat airnya naik ke badan jalan,” ujarnya, Sabtu (2/12/2023).

Saat banjir terjadi, warga yang kebetulan rumahnya berada didekat jalan yang teraliri banjir membuat tanggul darurat untuk menahan aliran agar tidan menerobos masuk ke dalam pekarangan rumah mereka. Meski tidak menimbulkan kerusakan, namun lumpur dan kerikil yang terbawa aliran banjir menutupi akses jalan hingga sulit untuk dilewati.

BACA :  KUA akan Jadi Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Ini Masukan dari PHDI

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Ketut Arimbawa juga membenarkan bahwa wilayah Kecamatan Kubu sudah mulai turun hujan. Terkait dengan aliran banjir lumpur saat ini sudah surut, hanya saja material sisa banjir masih berserakan menutupi jalan.

“Untuk material sisa banjir agar tidak membahayakan pengguna jalan utamanya sepeda motor, kiranya PUPR Provinsi mengambil langkah-langkah pembersihan material tersebut,” kata Arimbawa.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular