Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBangliHujan Lebat Disertai Angin Kencang, Bangli Dilanda Pohon Tumbang dan Tanah Longsor

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Bangli Dilanda Pohon Tumbang dan Tanah Longsor

BANGLI, balipuspanews.com – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bangli, pada Minggu (5/2/2023), mengakibatkan terjadinya bencana alam dibeberapa titik seperti pohon tumbang dan tanah longsor.

Beruntung, dari laporan yang diterima tidak sampai memakan korban jiwa, dan hanya mengakibatkan kerugian material.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media ini dari Kepolisian, pohon tumbang terjadi di Lingkungan Pekuwon. Diketahui, pohon yang tumbang berjenis wani menimpa kandang ayam salah seorang warga I Wayan Suastika.

Akibat kejadian tersebut, Wayan Suastika diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 35 juta.

“Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi pada Minggu (5/2/2023) sekitar pukul 22.30 WITA yang disebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan kondisi batang pohon yang sudah lapuk.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun korban diperkirakan mengalami kerugian kurang lebih Rp 35 juta,” ungkap Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, Senin (6/2/2023).

Selain di Lingkungan Pekuwon, pohon jenis bambu juga dilaporkan tumbang di seputaran hutan bambu, Lingkungan Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli. Akibatnya, sebagian jalan sempat tertutup sebelum petugas bersama masyarakat melakukan proses evakuasi.

BACA :  Warga Desa Mas Serbu Pasar Murah Disperindag Gianyar

“Anggota dipimpin Pawas sudah turun dan bertindak cepat dengan memotong serta membersihkan pohon bambu yang roboh sehingga tidak menganggu pengendara yang melintas,” imbuh Kompol Made Dwi Puja Rimbawa.

Selain didua titik tersebut, pohon tumbang juga terjadi di Desa Suter, Kintamani tepatnya di Jalan Jurusan Suter Kintamani-Karangasem. Pohon tumbang mengakibatkan akses jalan terganggu dan tidak bisa dilalui kendaraan.

“Pohon yang tumbang di Jalan Jurusan Suter Kintamani-Karangasem diperkirakan terjadi pada Senin (6/2/2023) sekitar pukul 01.00 WITA. Begitu menerima laporan, personil Bhabinkamtibmas Desa Suter yang mengetahui kejadian telah turun dan mengambil tindakan bersama masyarakat setempat membersihkan dan memindahkan batang pohon maupun ranting pohon sehingga akses jalan sudah kembali normal,” kata Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto.

Kapolsek menambahkan, selain pohon tumbang, musibah tanah longsor juga terjadi di wilayah Kintamani tepatnya di Banjar Ulundanu Desa Songan. Tanah longsor sempat menutup sebagian badan jalan sehingga menyebabkan akses jalan menuju Pura Segara Desa Songan terganggu.

“Personil Polsek Kintamani yang mendapati laporan masyarakat sudah turun ke TKP serta melakukan pendataan dampak dari kejadian tanah longsor, dimana tanah longsor yang terjadi salah satunya mengenai salah satu bangunan rumah warga disamping juga menghalangi badan jalan yang mengakibatkan akses ke Pura Segara Desa Songan terganggu,” sebut Kapolsek.

BACA :  Mantan Pesepakbola Brasil dan Barcelona Dani Alves Dihukum 4,5 Tahun Penjara Kasus Rudapaksa

Kompol Ruli Agus Susanto menegaskan, menindaklanjuti hal tersebut anggota telah berkoordinasi dengan masyarakat dan telah melakukan proses evakuasi serta pembersihan material longsor.

“Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan cuaca yang ekstrim yang terjadi belakangan ini. Apalagi, kontur wilayah Kintamani yang berbukit agar waspada bencana tanah longsor dan pohon tumbang,” tutupnya.

Penulis: Komang Riski

Editor: Oka Suryawan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular