Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Buleleng, Putu Karuna.

SINGARAJA, balipuspanews.com — Bagian Humas Setda Kabupaten Buleleng akan dilebur dengan Dinas Komunikasi dan Informatika terhitung tahun 2020 mendatang. Pasalnya, Diskominfo memiliki sub Bidang Hubungan Masyarakat.

 

Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Buleleng, Putu Karuna memnyampaikan hal tersebut saat memimpin rapat finalisasi tupoksi perangkat daerah. Langkah ini juga dilakukan untuk meluruskan tupoksi SKPD yang dinilai tumpang tindih.

 

Asisten Karuna mencontohkan, seperti yang terjadi pada Bagian Humas dan Protokol Setda Buleleng dengan Dinas Komunikasi Informatika. Selama ini Humasnya ada di Bagain Humas dan Protokol Buleleng. Namun, mulai tahun 2020 humas akan dikembalikan ke Dinas Komunikasi Informatika hal ini dikarenakan di Diskominfo ada Sub Bidang Hubungan Masyarakat.

 

Asisten Karuna mengklaim, ini dilakukan agar kinerja ASN bisa meningkat dan bekerja sesuai dengan aturan.

 

“Dengan aturan yang baru kami akan kembalikan tupoksi kepada SKPD yang membidangi,” terangnya, belum lama ini.

 

Selain mengembalikan Humas ke Kominfo, ia menyebut ada beberapa struktur organisasi satker yang perlu diperbaiki dan di tata ulang kembali. Seperti di Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) terdapat Bidang Hasil Pengolahan Pertanian. Sedangkan di Dinas Pertanian juga ada.

 

“Ini yang tumpang tindih.” imbuhnya.

 

Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup juga terkesan tumpang tindih. Khususnya dalam hal sampah. Melihat hal tersebut, Karuna berharap, PUPR bekerja sesuai tupoksi dengan membangun tempat sampah. Sedangkan Dinas Lingkungan Hidup agar fokus melakukan pengolahan sampah.

 

“Sehingga bisa dibatasi tupoksi masing-masing SKPD. agar kedepan tidak adanya tumpang tindih Tupoksi terkait penanganan sampah di Buleleng,” tandasnya.