Kapolres Suratno Lepasliarkan 73 ekor Tukik di Pantai Penimbangan.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com — Seekor penyu jenis lekang dan 73 ekor tukik dilepasliarkan ke lautan oleh jajaran Polres Buleleng. Kegiatan pelepasan puluhan tukik  tersebut dilakukan di pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Rabu (26/6) sore. Pelepasan penyu dan puluhan tukik disaksikan masyarakat yang kebetulan berada di areal pantai Penimbangan.

Kapolres Buleleng AKBP Suratno mengatakan pelepasan penyu lekang sebelumnya berhasil diselamatkan di kawasan Pantai Penaruka serta pelepasan tukik dilakukan serangkaian dengan HUT Bhayangkara ke-73, jatuh pada Senin, 1 Juli 2019 mendatang.

 

Tak hanya Kapolres Suratno, hadir pula Kapolsek Kota Singaraja Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma dan sejumlah perwira Polres Buleleng serta Perbekel Desa Baktiseraga, Gusti Putu Armada ikut melepasliarkan puluhan tukik tersebut.

Imbuh Kapolres Suratno, kegiatan pelepasliaran puluhan tukik ini adalah bentuk komitmen dari jajaran Polres Buleleng untuk melindungi satwa di laut yang dilindungi khususnya penyu.

“Ini kalau tidak salah yang keempat kali pelepasan tukik. Kami komitmen untuk melindungi hewan-hewan laut yang harus dilindungi,” kata Kapolres Suratno.

Pelepasliaran 73 ekor tukik termasuk satu ekor penyu besar ini, dengan harapan agar tukik-tukik tersebut mampu berkembangbiak dengan baik di habitatnya..

“Sifatnya penyu itu kan akan kembali ke habitatnya, bertelur. Harapan kami, agar berkembangbiak di laut,” jelasnya.

Nah, untuk melindungi keberadaan penyu-penyu itu, Kapolres Suratno mengakui harus ada peran serta dari masyarakat.

“Kami berterima kasih juga pada masyarakat yang sering melaporkan jika ada pencurian penyu seperti di Gerokgak dan temuan penyu kepada kami, karena kami akui anggota kami terbatas untuk melakukan patroli di laut,” ungkapnya.

Kapolres Suratno berharap, masyarakat sadar dan memahami untuk ikut menjaga kelestarian penyu yang merupakan satwa dilindungi.

“Masyarakat harus sadar, pelestarian penyu khususnya penyu hijau penting, untuk kelestarian hidup mereka. Dan masyarakat harus melindungi,” tandasnya.