Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengHut ke 416 Kota Singaraja,  Tanda Akan Mulai Pemkab Buleleng gelar "Matur...

Hut ke 416 Kota Singaraja,  Tanda Akan Mulai Pemkab Buleleng gelar “Matur Piuning”

BULELENG, balipuspanews.com – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–416 Kota Singaraja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksanakan bhakti matur piuning pada Wraspati Kliwon langkir, Kamis (5/3/2020).

Bhakti matur piuning dipimpin langsung Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, didampingi Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Buleleng Ayu Wardhany Sutjidra, dan sejumlah Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng.

Bhakti matur piuning diawali di Pura Padma Bhuana di areal Kantor Bupati Buleleng. Kemudian dilanjutkan ke Tiga Pura lainnya, di antaranya Pura Agung Jagatnatha, Pura Pajenengan Panji Sakti, dan berakhir di Pura Bhuana Kerta.

Peringatan HUT Kota Singaraja tahun ini bertemakan ‘ Bersatu Maju Sejahtera Bersama’. Selama peringatan nanti, akan digelar kegiatan di bidang olahraga, seni, budaya, ekonomi sampai event-event yang mengakomodir hobi anak muda atau komunitas.

Usai melaksanakan bhakti piuning Wabup Sutjidra mengatakan, persembahyangan bersama ini rutin dilaksanakan  sebelum pelaksanaan hari-hari besar  maupun kegiatan yang akan digelar Pemkab Buleleng. Persembahyangan kali ini bertujuan untuk meminta izin kepada Sang Pencipta, agar

BACA :  Polisi Mulai Lacak Akun Pembuat Ujaran Kebencian Terhadap Desa Sidatapa

peringatan HUT ke–416 Kota Singaraja yang akan dilaksanakan selama Kurang Lebih Satu bulan, mulai 5 Maret hingga pada puncak perayaan HUT Kota Singaraja nanti, dilancarkan. “ kami matur piuning kepada Ida Sang Hyang Widhi, semoga seluruh pelaksanaan HUT Kota dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Sutjidra menjelaskan matur piuning ini memohon anugerah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua kegiatan berjalan lancar. Selain itu, menurut Wabup Sutjidra, matur piuning ini juga untuk memohon kerahayuan dan keselamatan bagi umat hindu yang ada di Buleleng.

Dengan begitu, semua kegiatan dan program yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat Buleleng bisa berjalan dengan lancar.“ ini rutin kita lakukan agar semua berjalan lancar,” jelasnya

Hal senada diutarakan Camat Buleleng Gede Dody Oktiva Askara, S.Sos., M.Si, yang Juga menjadi Panitia Pekan Apresiasi Seni (PAS),  sebelum melaksanakan kegiatan harus diawali dengan doa. Terlebih lagi ini merupakan perayaan HUT kota singaraja, harapan kedepan dengan bhakti piuning ini semoga perayaan HUT Ke 416  Kota singaraja dapat berjalan dengan baik.

BACA :  Perbekel dan Tokoh Masyarakat Sidatapa Laporkan Sejumlah Akun Medsos ke Polisi

”Sebagai umat beragama terutam umat Hindu sebelum melaksanakan kegiatan segala sesuatunya harus diawali dengan doa,” paungkasnya.(rls/BPN/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular