HUT ke-74, Megawati Dihadiahi Buku oleh PDIP

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto : Sekretariat PDIP)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto : Sekretariat PDIP)

JAKARTA, balipuspanews.com – Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri atau dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri hari ini, Sabtu (23/01/2021), genap berusia 74 tahun.

Tidak ada perayaan khusus kali ini di Hari Ulang Tahun (HUT) Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut karena pandemi virus corona dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan momen HUT Megawati tetap terasa bermakna dengan persembahan buku dari kader PDIP yang diberi berjudul “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam”. Buku tersebut ditulis oleh Kristin Samah dan Maria Karsia, ditulis selama dua tahun.

Hasto menjelaskan dengan buku itu, nampak kuat bagaimana sosok Megawati mencintai bumi. Melalui tradisi menanam, Presiden RI kelima itu melakukan kontemplasi.

Megawati, kata Hasto, menanam penuh dengan falsafah kehidupan, karena dengan menanam kita tidak hanya mencintai alam raya dan seisinya tetapi lebih dari itu memberikan oksigen bagi kehidupan.

Seluruh gerak mencintai alam raya dan seisinya tersebut, kini bertransformasi menjadi kultur Partai.

“Setiap anggota dan kader PDI Perjuangan, tergerakkan oleh tradisi Beliau untuk ikut menjaga dan mencintai bumi,” kata Hasto.

Menanam kini dijadikan sebagai jalan hidup, agar alam raya berada dalam keseimbangan yang asri, indah, dan lestari terus kami perkuat sebagai bagian bentuk dedikasi PDI Perjuangan pada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hasto mengungkapkan sejak beberapa bulan lalu, perempuan kelahiran Yogyakarta pada 23 Januari 1947 itu telah memutuskan untuk tidak akan merayakan hari ulang tahun secara khusus.

Namun, bagi kader PDIP, ulang tahun Megawati kali ini menjadi momentum yang begitu penting bagi beliau untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat dekat.

“Di hari yang istimewa ini kami mendoakan Beliau agar selalu mendapatkan rahmat kesehatan, dan panjang umur. Ibu Megawati Soekarnoputri tidak hanya seorang pemimpin bagi kami. Beliau telah memberikan keteladanan bagaimana berpolitik itu harus digerakkan oleh semangat juang, dan keyakinan di dalam setiap langkah politik atas dasar terang ideologi Pancasila,” ucap Hasto.

Penulis : Hardianto 

Editor : Oka Suryawan