Jumat, Februari 23, 2024
BerandaDenpasarHUT PDIP ke-48, Gelar Lomba Bernuansa Kearifan Lokal

HUT PDIP ke-48, Gelar Lomba Bernuansa Kearifan Lokal

DENPASAR, balipuspanews.com – Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke-48 tahun tak pernah lepas akan kegiatan yang melibatkan masyarakat program positif.

Berbagai kegiatan telah dilakukan dengan mengedepankan kearifan lokal Bali untuk menjaga warisan kebudayaan, adat, dan tradisi agar tidak tergeser oleh arus modernisasi.

Kendati masih dalam situasi pandemi wabah global virus corona (Covid-19) DPD PDIP Provinsi Bali menggelar acara “Lomba Desain Kreasi Busana Adat Ke Kantor Pakem Bali”. Ajang lomba ini sangat sejalan pula dengan tema “Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan sekaligus sebagai upaya memantapkan implementasi program Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Hal tersebut disampaikan Ketua Koordinator Lomba Desain Kreasi Busana Adat ke Kantor Pakem Bali, Ni Wayan Sari Galung, S.Sos saat menggelar jumpa pers dengan awak media di Kantor DPD PDIP Bali, Senin (3/5/2021).

Sari Galung mengungkapkan, lomba ini sebagai tanggung jawab seluruh simpatisan, anggota, dan kader partai dalam mengimplementasikan peraturan gubernur (Pergub) Bali No. 79 tahun 2018 terkait penggunaan busana adat Bali sesuai etika dan estetika budaya Bali dan karakter bangsa, dan Surat Edaran Gubernur Bali No. 04 tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Ikat atau Endek Bali.

BACA :  40 Keping Bunga Gong Berumur Puluhan Tahun di Pura Dalem Banyuasri Hilang

“Payung hukum ini sebagai upaya nyata pemerintah dalam melestarikan busana adat Bali dan kain tenun tradisional Bali yang kini telah mengalami degradasi,” tegasnya.

Sari Galung menjelaskan bahwa ajang lomba ini merupakan implementasi tanggungjawab seluruh simpatisan, anggota dan kader Partai PDI Perjuangan terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan nusantara terutama budaya Bali.

Ini tanggung jawab kita bersama sebagai kader PDI Perjuangan untuk mensosialisasikan penggunaan busana adat yang sesuai dengan pakem dimana dalam pakem tersebut terkandung filosofi mendalam yang menjadi warisan serta tradisi dari para leluhur.

Kegiatan lomba ini juga memberikan kesempatan berkreasi pada generasi muda untuk menuangkan bakatnya dan dalam upaya meningkatkan kreativitas anak-anak sekolah dan mahasiswa sekaligus melestarikan keragaman kebudayaan bangsa terutama busana adat pakem Bali secara berkelanjutan.

“Sejalan dengan program pemerintah dalam membangun karakter bangsa yang Berkepribadian dalam Kebudayaan. Ajang lomba ini melibatkan sekitar 136 peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa se-Bali yang mendaftar melalui 9 DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota,” imbuhnya.

BACA :  Dorong Keran Investasi di Indonesia, Bank Mandiri Gelar Mandiri Investment Forum

Tak hanya itu, PDIP juga menggelar Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali.

Lomba cerdas cermat ini yang pertama kali dilaksanakan di Bali dan merupakan implementasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, dimaksudkan untuk meningkatkan literasi generasi muda Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegritas: bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali yang terkandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.

“Lomba cerdas cermat Susastra Bali digadang-gadang sebagai ajang literasi dan moderasi generasi muda Bali di bidang bahasa, aksara, dan sastra Bali serta diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan,” jelas Koordinator lomba Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastra Suyasa, SE. MM.

Diah Werdhi menyampaikan, Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali tahun 2021 diikuti oleh siswa/siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di wilayah Provinsi Bali.

BACA :  Jelang Galungan, Distan Akan Adakan Pemeriksaan Terhadap Babi

Lomba ini dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota. Juara I dari masing-masing Kabupaten/Kota akan menjadi duta Kabupaten/Kota dalam ajang Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat Provinsi. Lomba di tingkat Provinsi akan menghasilkan Juara I, Juara II, dan Juara III.

Penulis : Budiarta

Editor : Oka Suryawan

 

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular