Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengHUT RI di Buleleng, Gerak Jalan 17, 45, dan Kocak Diganti Dengan...

HUT RI di Buleleng, Gerak Jalan 17, 45, dan Kocak Diganti Dengan LKBB

BULELENG, balipuspanews.com – Jika biasanya saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Buleleng diadakan gerak jalan 17 Kilometer, 45 Kilometer, dan Gerak Jalan Kocak.

Namun untuk di HUT RI ke-78 ketiga gerak jalan tersebut diganti dengan Lomba Kreasi Baris-berbaris (LKBB) dengan peserta dari SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng.

Kepala Disdikpora Buleleng I Made Astika menyebutkan khusus untuk HUT RI tahun 2023 akan sedikit berbeda konsepnya dari HUT RI sebelum-sebelumnya. Sebab hanya akan diadakan Lomba Gerak Jalan tingkat SD dan SMP 8 Kilometer saja.

Sedangkan untuk gerak jalan 17 Kilometer, 45 Kilometer, dan Gerak Jalan Kocak digantikan dengan LKBB yang pesertanya hanya di tingkat SMA/SMK.

“Ada konsep berbeda untuk HUT RI tahun ini dimana kita bersinergi dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Buleleng akan mengadakan LKBB sebagai pengganti lomba gerak jalan. Itu pelaksanaannya 14-16 Agustus 2023 dan pendanaan dibantu CSR langsung,” ungkap Astika saat dikonfirmasi Sabtu (29/7/2023).

Terkait mekanisme, Astika menyampaikan khususnya untuk lomba gerak jalan tingkat SD dan SMP mengambil rute sepanjang 8 Kilometer dengan rincian satu pletonnya beranggotakan 17 orang mengambil lokasi start di depan GOR Bhuana Patra. Sedangkan untuk LKBB akan mengambil lokasi di area Tugu Singa Ambara Raja.

BACA :  Pj Bupati dan Pj Gubernur Panen Cabai Bersama, Singgung Soal Penanganan Inflasi

Kemudian mekanisme penilaiannya sebut Astika nantinya untuk menjaga netralitas dan sportivitas maka dari Igornas sudah memilih atau menentukan sebanyak 161 orang juri dan menggunakan sistem penjurian silang. Misalnya untuk Gerak Jalan SD akan dinilai oleh guru dari SMP/SMA, Gerak Jalan SMP akan dinilai oleh guru SD, dan untuk LKBB nantinya akan ada tim penilai khusus.

Lantas jalur yang akan dilalui peserta untuk gerak jalan SD dan SMP akan start mulai pukul 13.30 wita dengan melewati jalur Jl. Udayana – Jl. Ngurah Rai – Jln. Pramuka – Jl. Diponegoro – Jl. Erlangga – Jl. Imam Bonjol – Jl. Gajah Mada – Jl. Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Sudirman – Jl. A. Yani – Jl. Dewi Sartika – Jl. Udayana.

Astika Bahkan mengakui untuk peserta gerak jalan SD jumlah peserta mendaftar terlampau banyak. Sehingga diputuskan untuk Finish mengambil tempat tepat di Depan Gedung Kesenian Gde Manik.

Sedangkan untuk gerak jalan SMP ditetapkan Finish Depan GOR Bhuana Patra, dan LKBB Variasi akan dimulai pukul 08.00 WITA dengan rute Tugu Singa menuju jalan Gunung Agung belakang Kantor DPRD Buleleng.

BACA :  Masuk “Radar” Golkar, Lanang : Kami Tidak Kemana-mana, Tapi Ada Dimana-mana

“Untuk jalur GJ SD dan SMP sudah kita tentukan sama dengan tahun lalu, hanya saja berbeda dari LKBB Variasi saja, semua arus lalu lintas terkait kegiatan sudah diperhitungkan oleh dinas terkait untuk mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan para pengendara,” pungkasnya.

Melalui konsep tersebut Astika berharap terselenggaranya kegiatan serangkaian HUT RI ke-78 menumbuhkan semangat persatuan dan kebersamaan masyarakat Buleleng semakin terjaga, meningkatkan disiplin dari peserta, serta dapat menyemarakkan perayaan HUT RI ke-78. Sehingga semangat perjuangan lebih menggema di Gumi Panji Sakti.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular