Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengHUT RI ke-78, Pemkab Buleleng Gelar BDF 2023

HUT RI ke-78, Pemkab Buleleng Gelar BDF 2023

BULELENG, balipuspanews.com – Buleleng Development Festival (BDF) digelar pertama kali untuk menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023. Hal tersebut terungkap saat Konferensi Pers Rangkaian Kegiatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Minggu (13/8/2023).

Lihadnyana menjelaskan BDF tahun 2023 menonjolkan sisi pelayanan publik dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tengah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Tema ini diambil mengingat perekonomian di Buleleng bisa bergerak maju ketika 62 ribu pelaku UMKM bisa bergerak pula. Pergerakan UMKM tersebut membutuhkan sebuah pelayanan publik oleh pemerintah.

“Pelayanan publik seperti apa? Pelayanan publik yang pasti, murah, transparan dan cepat dalam penyelesaiannya. Serta tidak ada lagi istilah bayar membayar,” jelasnya.

Oleh karena itu, dalam BDF tahun 2023 akan dibuatkan miniatur pelayanan publik tersebut. Pelayanan publik yang menggunakan sistem dan ada Standar Operasional Prosedur (SOP) nya. Pembuatan miniatur pelayanan publik dalam BDF 2023 ini dilakukan sebelum Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sebenarnya rampung dikerjakan.

BACA :  Subamia Disebut Kandidat Kuat Calon Wakil Bupati, Ini Kata PDIP Klungkung

“Sebanyak 17 instansi baik itu instansi vertikal maupun perangkat daerah akan digabungkan pelayanannya dalam MPP tersebut. Uji cobanya ada di miniatur pelayanan publik dalam kegiatan BDF 2023,” ungkap dia.

Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Buleleng yang juga Ketua Panitia Tetap (Pantap) Hari-Hari Besar Nasional Putu Karuna menyebutkan BDF 2023 akan berlangsung selama sepuluh hari dari tanggal 15 hingga 24 Agustus 2023.

BDF didesain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan miniatur pelayanan publik. Dalam BDF juga disediakan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat secara digital dan memberikan ruang pelaku UMKM untuk mempromosikan hasil usahanya.

Dirinya menambahkan kegiatan-kegiatan sosial juga dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Buleleng. Seperti pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang beruntung di panti asuhan.

“Serta kegiatan-kegiatan yaitu berbagai lomba yang melibatkan masyarakat dan juga para pegawai,” singkat dia.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular