I Dewa Ayu Firsty Pembawa Bendera Merah Putih HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Istana

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (16 tahun) perwakilan Paskibraka dari Provinsi Jawa Tengah sebagai pembawa bendera Merah Putih Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). (Foto: kanal YouTube Sekretariat Presiden)
I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (16 tahun) perwakilan Paskibraka dari Provinsi Jawa Tengah sebagai pembawa bendera Merah Putih Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). (Foto: kanal YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, balipuspanews.com – Tim Pancasila Tangguh, nama yang disematkan untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), ditugaskan mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (16 tahun) perwakilan Paskibraka dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Adapun perwakilan Paskibraka Nasional dari Provinsi Bali yaitu I Kadek Kemala Permana Putra dan Ni Ketut Pande Suastini.

Kadek Kemala Permana Putra saat ini sedang menempuh pendidikan SMA Negeri 2 Amlapura, Karangasem serta Ni Ketut Pande Suastini yang saat ini sedang menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Manggis, juga di Kabupaten Karangasem.

Kedua pelajar berprestasi dari Bali itu merupakan bagian dari 68 Paskibraka Nasional 2022 dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022), siswi yang akrab disapa Firsty ini, sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah.

Adapun tiga orang Paskibraka lainnya yang bertugas yaitu:

1. Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah

2. Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara

3. Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara. Kepala Negara tampak mengenakan busana adat Dolomani dari Buton Sulawesi Tenggara.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wurry tiba di tempat upacara pada pukul 09.57 WIB.

Acara dimulai dengan laporan Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia kepada Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara. Kemudian, Jokowi memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, utamanya sang proklamator Bung Karno dan Bung Hatta,” ucap Presiden.

Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka diselenggarakan secara terbuka dengan mengundang 2.000 masyarakat. Sejumlah menteri hingga mantan presiden dan wakil presiden juga hadir.

Dalam upacara ini, Ketua DPD RI La Nyalla Matalitti bertugas membaca Naskah Proklamasi. Sedangkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertugas membaca doa.

Selain Paskibraka, sejumlah personel TNI/Polri juga diikutseratakan dalam Tim Pancasila Tangguh Paskibraka 2022. Antara lain Komandan upacara HUT RI yang kali ini dipercayakan kepada Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

Saat ini Kolonel Andike menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Sedangkan Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka. Saat ini, dia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun Perwira Upacara dipercayakan kepada Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Dia lahir di Bangkalan, 10 November 1971. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Paskibraka 2022 anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing Provinsi di Indonesia telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 15 Agustus 2022, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version