I Ketut Mertiasa bersama Indrawan (tengah) saat persembahyangan sebelum pelantikan Anggota DPRD Buleleng masa jabatan 2019-2024.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com – Mantan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Buleleng Kadek Widana terpental dari pengisian kursi pimpinan dan fraksi DPRD Buleleng periode 2019-2024. Widana disebut hanya akan menjadi anggota biasa, pada periode lima tahun mendatang.

Informasi dihimpun, rekomendasi DPP Gerindra, merujuk Gede Suradnya notebene mantan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Buleleng sebagai Wakil Ketua.

Sementara, posisi Ketua Fraksi akan ditempati I Ketut Mertiasa, politisi Gerindra asal Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak.

Kabarnya, Cawi akan diberikan tugas sebagai pimpinan alat kelengkapan di DPRD Buleleng.

Sejatinya, nama Kadek Widana santer disebut akan menduduki posisi Wakil Ketua DPRD Buleleng periode 2019-2024. Politisi yang akrab disapa Cawi itu kini duduk sebagai Bendahara di DPC Gerindra Buleleng.

Cawi pun dikenal cukup loyal di partai. Selain sebagai bendahara partai, ia juga menjadi Bendahara Tim Pemenangan Prabowo-Sandi pada Pilpres lalu. Selain itu, saat seluruh caleg berpotensi dicoret gara-gara telat menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Cawi siap pasang badan. Ia langsung mengajukan gugatan ke Bawaslu Buleleng, dan berhasil dimenangkan oleh pihak Gerindra.

Pada Pemilu 2019 lalu, Cawi berhasil melenggang kembali ke DPRD Buleleng. Namanya sempat digadang-gadang sebagai calon Wakil Ketua DPRD Buleleng.

Mertiasa saat dihibungi melalui telepon seluler tak menampik hal tersebut. Menurutnya, DPP Gerindra memang memberikan instruksi bahwa posisi Wakil Ketua ditempati Gede Suradnya, dan posisi Ketua Fraksi diisi oleh dirinya. Surat itu pun sudah disetor pada Sekretariat DPRD Buleleng pada Senin (2/9).

“Ya memang begitu dari DPP. Selebihnya silahkan konfirmasi ke Ketua DPC (Jro Nyoman Ray Yusha, ),” kata Mertiasa.

Ketika ditanya, apakah Cawi akan diberikan jatah di posisi alat kelengkapan dewan?

Mertiasa seakan enggan menjawab.

“Tanya ke Ketua DPC saja, biar tidak keliru nanti,” dalihnya.

Lebih memastikan, kami pun berusaha mencari informasi kepada Ketua DPC Gerindra Buleleng Jro Nyoman Ray Yusha. Namun, beberapa kali dihubungi, Ray Yusha tak menjawab telpon yang dilakukan awak media.

Terpisah, Sekretaris DPRD Buleleng (Sekwan) Dewa Ketut Manuaba mengatakan seluruh partai politik sudah menyetorkan surat penunjukan posisi pimpinan dan ketua fraksi. Rencananya hal itu akan diumumkan pada rapat paripurna internal di DPRD Buleleng, yang dilangsungkan hari ini (4/9).

“Sudah semua menyerahkan surat. Makanya hari ini (4/9), diagendakan paripurna internal. Jadi hari ini akan diumumkan siapa saja yang duduk di pimpinan lembaga, dan pimpinan fraksi. Selanjutnya tinggal menunggu SK dari Gubernur untuk pelantikan pimpinan definitif,” singkat Sekwan Manuaba.

Informasi, posisi pimpinan akan diisi oleh Gede Supriatna (PDI Perjuangan), Ketut Susila Umbara (Golkar), Ni Made Putri Nareni (Nasdem), dan Gede Suradnya (Gerindra).

Sementara untuk pimpinan fraksi akan diisi Ketut Ngurah Arya (Fraksi PDI Perjuangan), Nyoman Gede Wandira Adi (Fraksi Golkar), Ni Ketut Windrawati (Fraksi Nasdem), I Ketut Mertiasa (Fraksi Gerindra), Ketut Wirsana (Fraksi Hanura), dan I Kadek Sumardika (Fraksi Demokrat).