SAWAN, balipuspanews.com – Kelian Desa Adat I Wayan Wissara bersama Prajuru Adat Desa Pakraman Sangsit Dauh Yeh periode 2019-2024 dikukuhkan. Upacara pengesahan dan pengukuhan Prajuru Desa Adat Sangsit Dauh Yeh, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, digelar Sabtu (5/1) di Pura Desa (Baleagung), Desa Pakraman Sangsit Dauh Yeh, dihadapan ratusan krama dan para undangan.

Sebelum dikukuhkan, para Prajuru dan Kelian Desa Adat Sangsit Dauh Yeh terpilih periode 2019-2024 ini, diambil sumpahnya terlebih dahulu oleh Jero Wayan Suma Wijaya selaku Ketua Majelis Madya Desa Pakraman (MADP) Kecamatan Sawan.

sewa motor matic murah dibali

Kelian Desa Adat Sangsit Dauh Yeh, terpilih, I Wayan Wissara ditemui usai acara pengukuhan mengatakan, bahwa yang perlu digaris bawahi dalam memimpin sebuah Desa Adat bukanlah kekuasaan. Kedepan, segala sesuatu terkait perumusan konsep kebijakan jangka pendek, menengah dan jangka panjang akan diambil dari sebuah paruman (rapat) besar berdasarkan aspirasi dari krama.

“Kami berupaya program yang masih tertunda akan kami lanjutkan, yang kurang akan kita sempurnakan bahkan yang sudah baik akan kita buat menjadi lebih baik lagi,” kata Kelian Wissara, Sabtu (5/1) sore.

Kelian Wissara meminta, agar semua pihak bersatu padu dan menyatukan visi misi dalam membangun desa agar adat dan budaya tetap ajeg sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

“Kami akan bergandeng tangan dengan seluruh stakeholder mewujudkan visi dan misi Desa Sangsit yang Shanti dan Jagadhita berlandaskan Tri Hita Karana.  Sangsit yang Shanti adalah Sangsit yang damai dalam bingkai aman, nyaman fisik non fisik, kerukunan, dan keharmonisan. Nah, sedangkan Sangsit yang Jagadhita adalah mewujudkan Sangsit yang sejahtera dalam bingkai terpenuhinya sandang, pangan, papan, sehat rohani dan jasmani. Ya, semua nantinya berlandaskan Tri Hita Karana,” ungkap Kelian Wissara yang juga menjabat Sekretaris LPM Kabupaten Buleleng.

Sementara, Komang Sudarma selaku Ketua Panitia pengukuhan Kelian Desa Pakraman Sangsit Dauh Yeh menjelaskan, acara mejaya-jaya (pelantikan) yang dilaksanakan tepat di Hari Raya Kuningan itu, diambil sudah melalui paruman bersama Kertha Desa dan Saba Desa.

Pihaknya meyakini bahwa tim Prajuru yang baru saat ini berkomitmen menjadi sebuah tim yang solid dalam pengabdian yang tulus demi kemajuan Desa Adat Sangsit Dauh Yeh dengan mengutamakan kearifan lokal.

Pengukuhan Prajuru Desa Adat Sangsit Dauh Yeh masa bhakti 2019-2024 berdasarkan Surat Keputusan Majelis Alit Desa Pakraman (MADP) Kecamatan Sawan Nomor 14/SK/MADP-SWN/I/2019 tentang Pengesahan dan Pengukuhan Prajuru Desa Pakraman Sangsit Dauh Yeh, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Masa Bhakti 2019-2014.

Sebelum acara pengukuhan berakhir, Ketua MADP Kecamatan Sawan berkesempatan memberian cindera mata kepada Made Subakti merupakan mantan Kelian Desa Pakraman Sangsit Dauh Yeh berasal dari Rukun Suka Duka Dharma Kanthi (masyarakat Sangsit yang berdomisili di Denpasar).

Sekedar mengingatkan, I Wayan Wissara terpilih selaku Kelian Desa Adat Sangsit Dauh Yeh, setelah berhasil menggungguli pesaingnya Gede Wardana melalui pemungutan suara secara langsung yang dilaksanakan pada Minggu (4/11) tahun lalu.

Pemilihan dilakukan menyusul berakhirnya kepengurusan Kelian Desa Adat dan Prajuru Desa Pakraman Sangsit Dauh Yeh, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, pada bulan Desember tahun 2018.

Tinggalkan Komentar...