IA. Ketut Candrawati, S.Sos: Pemuda Harus Berani Membela Yang Benar

Keterangan foto: Ida Ayu Ketut Candrawati, S. Sos
Keterangan foto: Ida Ayu Ketut Candrawati, S. Sos

TABANAN, balipuspanews.com – Besok, Rabu (28/10) segenap bangsa Indonesia memperingati  salah satu momen bersejarah. Yakni peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sebagai salah satu momentum bersejarah, tentu ada pemaknaan tersendiri dari setiap peringatannya. Terlebih lagi dalam kondisi bangsa kekinian. Lalu seperti apa makna peringatan Hari Sumpah Pemuda dalam kekinian bagi sosok ketua Garnita Malahayati Provinsi Bali Ida Ayu Ketut Candrawati, S. Sos? Berikut ulasannya.

Dihubungi via telepon seluler pribadinya, Selasa (27/10) Srikandi Partai Nasdem asal Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan ini mengatakan, kemajuan suatu bangsa ada di tangan para pemuda. Terkait dengan itu ia menjelaskan bahwa Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu sendiri yang berperan dalam mengubahnya.

“Sehingga sangat jelas bahwa modal utama untuk merubah nasib bangsa adalah bersatu. Sehingga pesan saya kepada para pemuda juga sederhana, yakni bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Anggota Komisi IV dan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Tabanan ini kemudian menyebutkan bahwa Sumpah Pemuda adalah hari yang bersejarah dan dikenang untuk diteladani dalam setiap perjalanan bangsa ini. Mengingat momentum tersebut telah melahirkan sebuah ikrar pemersatu bangsa Indonesia,
sebuah ikrar bersama untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

“Itu tentu sebuah momentum yang sangat luar biasa.
Hal tersebut membuktikan bahwa beberapa dekade silam para pemuda sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila yang saat itu malah belum lahir. Suatu bukti juga, jika nilai-nilai luhur kebangsaan sangat dikedepankan,” jelasnya.

Candrawati menegaskan bahwa peran pemuda sangat penting bagi sebuah bangsa. Menurutnya, pemuda sebagai agen perubahan dan dengan sikap kritis serta semangatnya, pemuda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan suatu gerakan perubahan sosial.

Sehingga imbuhnya, dengan perannya yang penting tersebut, pemuda disebutkannya harus selalu berjuang demi kemajuan bangsa,
menjaga kemajemukan adat dan budaya serta menjunjung tinggi persatuan bangsa.

“Maka, pemuda harus berani membela yang benar. Membela dengan hati nurani untuk kemajuan dan kewibawaan bangsanya. Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda,” tutupnya.

Penulis: Ngurah Arthadana

Editor: Oka Suryawan