DENPASAR, balipuspanews.com- Tidak lama lagi Bali akan memiliki Universitas Hindu Negeri. Ini setelah kementerian agama merekomendasi Institut Hindu Negeri ( IHDN) Denpasar ” naik kasta ” menjadi universitasi negeri setelah memenuhi kualifikasi yang ditentukan pemerintah pusat. Hal tersebut disampaikan Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr Gusti Ngurah Sudiana, Msi kepada Balipuspanews.com, Senin ( 21/1/2019).

“ Kementerian agama sangat mendukung. Bahkan ikut membantu dan merekomendasi,” kata Profesor asal Karangasem itu.

sewa motor matic murah dibali

Sudiana yang ketua PHDI Bali itu menyebutkan, status IHDN menjadi universitas hanya menunggu koordinasi dan persetujuan lembaga lain terkait.

“ Soal kapan waktunya. Kita tunggu saja,” sebut pria berkumis tebal itu.

Disinggung nama universitas yang diusulkan, Sudiana menyebut itu sepenuhnya wewenang pusat. Pihaknya hanya mengusulkan kalau diminta.

“ Yang jelas namanya Universitas Hindu Negeri,” katanya teka- taki.

Jika nanti IHDN naik status menjadi universitas, akan berhimbas kepada kebutuhan SDM seperti dosen dan tenaga teknis lainnya di institut yang kampusnya terpusat di Kelurahan Kubu, Bangli tersebut. Naiknya status IHDN juga berdampak dibukanya dua fakultas baru yakni fakultas teknik dan fakultas Ilmu Sosial.

Dukungan IHDN menjadi universitas negeri demikian Sudiana, juga datang dari pemegang kebijakan di Bali mulai gubernur, wali kota dan bupati se- Bali.

“ PHDI pusat dan tokoh Bali sangat mendukung Bali memiliki universitas negeri,” sebutnya.

Sementara itu, menjelang penerimaan mahasiswa baru tahun akademis 2019- 2020,  IHDN Denpasar membuka beasiswa bidikmisi yang diperuntukan untuk 250 mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. Belum cukup sampai disitu, IHDN juga membuka 700 beasiswa yang bersumber dari anggaran DIPA. ( bas)

Tinggalkan Komentar...