Lomba makepung jembrana cup
sewa motor matic murah dibali

NEGARA,balipupuspanews.com- Dua regu Makepung yakni Ijogading Timur dan Ijogading Barat Minggu (17/11) kembali mengadu pepadu (Kerbau pacuan) nya di sirkuit Makepung Satwa Jayante, Sanghyang Cerik, Desa Tuwed, Melaya.

Persaingan kedua regu yang wilayahnya dipisah oleh sungai Ijogading pada lomba makepung Jembrana Cup itu, dimenangkan oleh regu Ijogading Barat dan berhak mendapat piala bergilir Jembrana Cup dan uang sebesar Rp, 27 juta.

Pada loma Makepung yang diikuti 120 pasang, kerbau tersebut, pepadu-pepadu Ijogading Barat benar-benar mendominasi. Dari tiga kelas yang dinilai Ijogading barat mendomiasi di kelas A dan C.

Sedangkan Ijogading Timur hanya menang di kelas B. di kelas C Ijogading Barat memang telak dengan score 23 –r 5 dan berhak atas hadiah sebesar Rp 9 Juta. Di kelas B Ijogading Timur memnag tipis dengan score 11 –t 8 dan berhak meraih hadiah uang sebesar Rp 11 juta. Dan di kelas paling bergengsi yakni kelas A, semua pepadu Ijogading barat mampu mempecundangi pepadu Ijogading Timur dnegn skor 10 –0 dan berhak atas hadiah uang sebesar Rp 13 juta.

Dengan total sekor 41 –16 maka Ijofading Barat berhak sebagai juara umum dan menyabet hadiah sebesar Rp. 27 juta dan Blok Ijogading Timur sebagai juara umum 2 meraih hadiah Rp 22 juta. Selain menampilkan kelas yang di perlombakan event tersebut juga menampilkan kelas eksebisi yang menampilkan 58 pasang kerbau dari blok ijo gading barat dan 29 pasang kerbau dari blok ijo gading timur.

Koordinator Blok Ijo Gading Barat, Madee Mara mengatakan, keseluruhan hadiah nantinya akan dikumpulkan baik blok Ijo gading barat maupun timur dan di bagi dua dengan semua blok.

Menurutnya itu merupakan bentuk gotong royong dan kebersamaannya sebagai sekaa mekepung. Selain itu ia juga berharap kedepan pemerintah bisa membantu perbaikan sirkuit mekepung karena di beberapa titik mengalami kerusakan.

“Besar harapan kami, kedepan dianggarkan dana pemeliharaan sirkuit, karena di beberapa sirkuit seperti tuwed, kaliakah, delod berawah dan mertasari. Itu harapan kami” ucapnya.

Sementara itu Bupati Artha menyampaikan harapannya agar ke depan penyelenggaraan Mekepung agar bisa lebih baik dari segi penyelenggaraannya dan hadiahnya lebih baik.

Selain itu kepada OPD terkait Artha menghimbau agar lebih menggencarkan promosi event mekepung baik di travel local Jembrana hingga tingkatan nasional, harapannya lebih banyak wisatawan yang hadir dan tentunya akan memutar roda perekonomian di bidang pariwisata.

“Dengan hadirnya wisatawan tentunya akan banyak hotel ataupun restaurant yang ada di jembrana akan bergeliat” ungkapnya.

Selain itu, mendengar akan di gelarnya event mekepung Kapolres Cup, Bupati Artha sangat menyambut baik dan mengapresiasi hal tersebut.

Ia juga berharap mudah mudahan semua Forkopimda juga ikut membuat event yang nantinya akan menggairahkan masyarakat Jembrana dalam pelestarian mekepung.

“Mudah mudahan tiap Forkopimda bisa ikut membuat event, paling tidak dua bulan sekali ada event mekepung. Itu harapannya” pungkasnya. (nm/bpn/tim)