Imigrasi Periksa Bule Australia Pemanjat Pohon Keramat di Tabanan

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu

DENPASAR, balipuspanews.com – Media sosial digemparkan aksi bule yang nekat memanjat pohon keramat di Pura Dalem Prajapati, Tabanan. Sehingga pihak Kementerian Hukum dan HAM (kemenkumham) Bali melalui Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI memanggil bule tersebut untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pada Minggu (12/6/2022), bule itu diketahui berasal dari Australia berinisial SCL. Ia sebelumnya sempat diamankan Polsek Kediri Tabanan sebelum diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu SCL membuat gempar sosial media karena memanjat pohon keramat Pura Dalem Prajapati yang berada di Banjar Dadakan, Kabupaten Tabanan.

“Dari hasil pemeriksaan, SCL mengakui bahwa orang yang memanjat pohon beringin di Pura Dalem Prajapati Kediri, Tabanan dalam sebuah video yang viral di media sosial merupakan dirinya,” ungkap Anggiat dalam siaran persnya, pada Senin (13/6/2022).

SCL juga mengakui bahwa sebelumnya pernah memanjat sebanyak 2 pohon di daerah Canggu untuk menyalurkan hobinya.

Dalam catatan Imigrasi, SCL masuk ke Indonesia pada 6 Juni 2022 melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali. Ia masuk dengan menggunakan Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK).

“Yang bersangkutan datang ke Indonesia dalam rangka berlibur di Bali,” ungkap Anggiat.

SCL sendiri telah memohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali atas perbuatannya tersebut. Ia mengaku tidak mengetahui perbuatannya tersebut telah mengganggu ketertiban umum dan tidak mempunyai maksud untuk tidak menghormati budaya Bali.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan