Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBulelengImigrasi Singaraja Lakukan Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu 2024

Imigrasi Singaraja Lakukan Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu 2024

BULELENG, balipuspanews.com – Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melakukan langkah antisipasi sekaligus memperkuat sinergi dalam meningkatkan kesadaran akan potensi keberadaan orang asing serta dampaknya terhadap proses Pemilu mendatang. Maka dari itu Imigrasi Singaraja mengadakan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Wilayah Kabupaten Jembrana, Kamis (23/11/2023).

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hendy Kurnia Darmawan mengatakan rapat Tim PORA dilaksanakan dengan melibatkan sekitar 16 orang anggota tim berasal dari berbagai instansi, termasuk diantaranya ada Ketua Bawaslu dan KPU Kabupaten Jembrana. Pihaknya pun dalam rapat membahas tentang urgensi koordinasi Tim PORA Kabupaten Jembrana dalam menghadapi Pemilu 2024 dengan tema “Kewaspadaan Terhadap Pemilu 2024”.

Disamping itu, pihaknya menekankan terkait dengan koordinasi dan sinergi yang baik antar instansi dapat menjadi solusi efektif dalam menangani isu dan keberadaan terkait orang asing jelang Pemilu. Adapun jenis pelanggaran keimigrasian yang menjadi perhatian seperti persyaratan dokumen kelengkapan yakni paspor dan visa/izin tinggal yang harus dimiliki oleh orang asing, serta penekanan terkait Pemilihan Umum
2024.

BACA :  Bupati Giri Prasta Tandatangani Prasasti Pura Pasek Agung Tegal

“Kami berharap apa yang dibahas tidak hanya sebagai bahan diskusi semata, dan harus ada langkah konkret dalam menciptakan sinergi antara Kantor Imigrasi
Singaraja dan instansi terkait di Kabupaten Jembrana mengenai kegiatan dan
keberadaan orang asing, sekaligus menemukan solusi untuk permasalahan yang melibatkan orang asing di lapangan,” paparnya saat dikonfirmasi Jumat (24/11/2023).

Disisi lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Romy Yudianto menerangkan bahwa Tim PORA bertujuan untuk membangun sinergitas antar instansi terkait di wilayah kerja kantor imigrasi. Sehingga dapat berkolaborasi memberikan pemahaman bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama.

“Tentu ini tanggungjawab kita bersama demi mewujudkan penegakan hukum khususnya dalam menghadapi tantangan di tahun politik 2024,” pungkas dia.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor    : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular