Jumat, Juli 26, 2024
BerandaBadungImplementasikan Program Jamsostek Secara Maksimal, Pemkab Badung Diganjar Paritrana Terbaik I

Implementasikan Program Jamsostek Secara Maksimal, Pemkab Badung Diganjar Paritrana Terbaik I

BADUNG, balipuspanews.com
Implementasi Pemkab Badung dan pelaku usaha di Bumi Keris untuk merealisasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) berbuah manis. Pemkab yang dipimpin Bupati Nyoman Giri Prasta ini diganjar Paritarana Award Provinsi Bali tahun 2022 dengan peringkat terbaik I.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Ardana Sukawati kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Badung I Nyoman Sujendra, Selasa (9/5/2023).

Atas torehan tersebut, selanjutnya Kabupaten Badung akan mewakili Provinsi Bali dalam Paritrana Award Level Regional Jawa Bali 2023.

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung Putu Eka Mertawan mengatakan, raihan prestasi ini menurutnya, adalah wujud komitmen Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mewujudkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan formal maupun informal secara bertahap. Melalui inovasi UCOK Universal Coverage Ketenagakerjaan, Berkah Pandemi Pasca Covid-19.

“Keberhasilan meraih prestasi ini juga atas kolaborasi semua komponen, baik jajaran pemerintah daerah, BPJamsostek serta seluruh masyarakat Badung yang telah bekerja keras memberikan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja,” ujar Eka Mertawan.

BACA :  Maksimalkan Partisipasi Pemilih dalam Pilkada 2024, KPU Gelar Perhelatan Seni Budaya di Setiap Kecamatan

Pihaknya pun menyebutkan, capaian jaminan sosial ketenagakerjaan Badung mencapai 100 persen dalam sektor formal non ASN dan peradatan. Kemudian capain sektor formal lainnya sebanyak 64 persen. Sedangkan sektor informal saat ini yang baru terlindungi sebanyak 27 persen.

“Sektor informal adalah pekerja bukan penerima upah, dan merupakan pekerja rentan. Seperti, petani, pedagang, pekerja disabilitas, nelayan, pekerja adat yang bukan penerima upah, PLKB, petugas posyandu, tukang ojek,tukang parkir, Sektor informal inilah yang kita focus dimasa depan. Semoga tahun 2026 total coverage Badung baik formal dan informal menjadi 100 persen,” jelasnya.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular