Incumbent Suwasta Unggul Dalam Perhitungan Cepat

ampak paslon incumbent Bupati Suwirta santai mengikuti hitung cepat didampingi Ida Bagus Putu Sukarta dikediaman Suwirta

Semarapura, balipuspanews.com- Hasil hitung cepat Pilkada Klungkung menempatkan incumbent Nyoman Suwirta dan Made Kasta sebagai pemenang Pilkada Rabu ( 27/6). Paket yang dijuluki Suwasta itu unggul diatas 60 persen.

Pun demikian, KPU Klungkung tidak mau menyimpulkan terlalu cepat pemenang Pilkada Klungkung. KPU menunggu hasil rekapitulasi berjenjang sesuai aturan yang digariskan.

Ketua KPU Klungkung Made Kariada menyatakan hasil yang menjadi pedoman nanti adalah sesuai hasil rapat pleno.

“ Kita tidak melakukan quick count di KPU,” ujarnya memberi alasan.

Baca Juga: Suwasta dan Bagia Rebutkan 156.501 Pemilih di Klungkung

Dari hasil perhitungan di TPS pasangan calon mencoblos, incumbent Nyoman Suwirta yang mencoblos di TPS 6 banjar Siku, paket Suwasta mendapatkan 285 suara. Sementara paket Bagia 68 suara, 7 suara tidak sah. Di TPS Suwirta pasangan Pilgub Mantra – Kerta mendapatkan 237 suara mengungguli Koster- Ace yang mendapatkan 112 suara, 11 suara tidak sah.

Di TPS 4 banjar Bucu tempat Cokorda Bagus Oka mencoblos, paket Bagia hanya mendapatkan 148 suara, paket Suwasta justru unggul dengan 190 suara, 5 suara tidak sah. Sedangkan paket gubernur Koster – Ace mendapatkan 142 suara dan Mantra – Kertha  193 suara. 7 suara tidak sah.

Di TPS 6 banjar Sangging  tempat  Cabup Made Kasta  mencoblos, pasangan Suwasta mendapatkan 301 suara, paket Bagia 83 suara, 13 suara tidak sah. Suara untuk pasangan Cagub – Cawagub Mantra- Kertha unggul 270 suara. Koster- Ace 106 suara, 19 suara tidak sah.

Lantas bagaimana perolehan suara di TPS 4 tempat calon wakil bupati Ketut Mandia mencoblos? Di TPS yang berlokasi dibanjar Pikat ini, paket Bagia unggul dan mendapatkan 228 suara dan paket Suwasta 48 suara, 4 suara tidak sah. Kandidat  Cagub- Cawagub Koster- Ace unggul dengan 223 suara, Mantra- Kertha 40 suara dan 4 suara tidak sah.

Dilain tempat, dalam penghitungan cepat rekapitulasi saksi dari kedua pasangan calon, kondisinya berbeda. Tempat tim Suwasta dipenuhi kegembiraan karena jagonya unggul. Ini berbeda dengan tim Bagia yang cendrung lemas karena jagoannya kalah. Dikediaman Nyoman Suwirta, pendukung Suwasta sesekali bersorak setelah mengetahui hitungan TPS paket Suwasta unggul. Ikut mendampingi Suwirta dalam mengikuti quick count ketua DPD Gerindra Bali IB Sukarta. ( roni/sur)