Indikasi Ada Sampah Selundupan, DLH Karangasem Bongkar TPS di Perkotaan

DLH Karangasem mulai menata TPS mengantisipasi volume sampah di Kota Lahar
DLH Karangasem mulai menata TPS mengantisipasi volume sampah di Kota Lahar

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem mendadak bongkar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara yang ada dibeberapa titik seputar Kota Amlapura, pada Jumat (27/1/2023).

Kadis DLH Karangasem, I Nyoman Tari menyebutkan, ada 4 titik TPS yang dibongkar, diantaranya TPS yang ada di depan RSUD Karangasem, TPS yang ada di jalan untung surapati, TPS di depan Kantor Camat Karangasem dan TPS yang ada di jalan ciung wanara Amlapura.

“Kita lakukan pembongkaran sambil sosialisasi kepada masyarakat agar memilah sampah dari rumah, nantinya per 1 Februari 2023 kita hanya akan mengangkut sampah yang sudah terpilah,” ujarnya.

Selain untuk membiasakan masyarakat memilah sampah sebelum dibuang, pihaknya juga mendapat informasi bahwa menumpuknya sampah di TPS-TPS yang ada dikawasan perkotaan belakangan ini karena ada indikasi sampah kiriman yang berasal dari luar kawasan perkotaan Karangasem.

“Jadi ada indikasi sampah tersebut sdalah sampah dari luar kawasan kota Karangasem yang sengaja dibuang ke sana,” ungkap Tari.

Untuk diketahui, saat ini dikawasan seputaran Kota Amlapura terdapat 25 titik TPS, pihaknya akan secara bertahap melakukan pembongkaran sambil melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar memilah sampah dari rumahnya sebelum dibuang.

Selama ini, sampah perkotaan menyunbang sekitar 40 ton setiap harinya, jika kondisi ini terus berlanjut maka Tari pesimis daya tampung TPA tidak akan bertahan hingga akhir tahun ini.

Sambil menunggu pihak ketiga terkait penanganan sampah di Karangasem, pihaknya berencana untuk berkordinasi dengan pemilik lahan belas galian c untuk mengisi lubang-lubang belas galian dengan sampah organik.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan