14/08/2020, 10:19 AM
Beranda Bali Jembrana Ini Hasil Tracking Orang Yang Sempat Kontak Dengan Pasien ke 35

Ini Hasil Tracking Orang Yang Sempat Kontak Dengan Pasien ke 35

NEGARA, balipuspanews.com – Setelah seorang PNS yang bertugas sebagai tata usaha di salah satu SMP di Negara, dinyatakan positif terjangkit virus covid-19, gugus tugas percepatan penanganan covid- 19 Jembrana, langsung melakukan tracking atau penelusuran.

Ada 30 orang yang dari hasil trakcing diketahui sempat kontak dengan pasien ke 35, seorang laki-laki berusia 55 tahun warga desa Kaliakah, Negara itu.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, MPH Rabu ( 1/7) mengatakan, tracking terhadap orang yang pernah melakukan kontak erat dengan dengan beberapa orang , baik di lingkungan keluarga, tempat tinggal maupun tempat kerja pasien itu.

Ada 30 orang yang diketahi melakukan kontak erat dengan pasien ke-35 tersebut. Mereka kemudian menjalani rapid tes. Ada 26 orang yang sempat kontak menjalani rapid test.

Sedangkan 4 orang dilakukan test swab. Hasilnya 26 orang yang sempat kontak itu hasil test rapid nya non reaktif. Sedangkan 4 orang masih menunggu hasil tes swab.

“Kita sudah lakukan test serangkaian tracking kontak pasien positif ke-35 asal Desa Kaliakah. Pelaksanaan rapid test kita sebar dimasing-masing puskesmas sesuai dengan alamat terdekat domisili kontak. Sedangkan test swab sudah kita ambil disalah satu hotel karantina. Hasil swab ini masih kita tunggu. Empat orang yang jalani kontak itu merupakan keluarga inti. Istri, dua orang anak dan seorang pegawai yang sempat kontak dengan pasien tersebut,” ungkapnya.

Menurit Arisantha, untuk test rapid akan diambil sebanyak dua kali. Untuk test yang pertama hasilnya seluruhnya dinyatakan non reaktif yang akan segera disusul dengan pengambilan test rapid kedua 14 hari dari pelaksanaan test rapid pertama.

Pihaknya juga akan terus memperluas proses tracking guna mencegah meluasnya kasus dari klaster pasien positif covid asal Denpasar yang sempat pulang kampung ke Jembrana ini.

“Tracking akan terus kami perluas terhadap orang yang sempat kontak dengan pasien yang tertular setelah sempat melakukan kontak dengan pasien positif, seorang ibu dari Denpasar yang sempat pulang kampung ke Jembrana itu,” jelasnya.

Terkait penanganan lainnya, hari ini sebanyak 6 orang warga PMI peserta karantina disalah satu hotel Kecamatan Negara hari ini kembali dipulangkan. Mereka dinyatakan sehat dari pemeriksaan swab negatif dua kali dan telah menyelesaikan masa karantina 14 hari.

Dengan demikian dari total 601 warga PMI yang sudah pulang ke Jembrana, sebanyak 523 orang sudah menyelesaikan masa karantina. Masih tersisa 61 orang lagi yang tersebar di 3 hotel di wilayah Jembrana .

Penulis/Editor : Anom/Artayasa

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...