Selasa, Februari 27, 2024
BerandaDenpasarJadi Agen Perubahan, BEM Fakultas Sastra Unwar Gelar Lomba Esai

Jadi Agen Perubahan, BEM Fakultas Sastra Unwar Gelar Lomba Esai

DENPASAR, balipuspanews.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sastra Universitas Warmadewa (Unwar) menyelenggarakan lomba esai tingkat nasional. Setelah adanya penyisihan, lomba memasuki tahap grand final. Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Sastra, Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum. Sabtu, (8/5/2021).

Kendati dalam suasana wabah covid-19 yang belum melandai, mewajibkan sistem pembelajaran digelar secara daring, tidak menyurutkan dunia pendidikan untuk memberikan sumbangsih pemikiran atau ide dan gagasan melalui karya esai untuk mendukung perguruan tinggi sebagai agen perubahan dalam memasuki kebiasaan baru era new normal ini.

Dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi Universitas Warmadewa memiliki tanggungjawab dan peran strategis sebagai agen perubahan, dimana penemuan-penemuan melalui pemikiran cerdas generasi muda dapat dilakukan demi kepentingan publik.

Mengingat dalam suasana pandemi Covid-19 untuk menghindari terjadi kerumunan, acara tersebut diselenggarakan secara semi online, yang digelar di ruang 408 Pascasarjana kampus setempat.

Ketua Panitia Lomba Esai Nasional, Jessica Elvira Rosa mengatakan bahwa lomba ini diikuti oleh 54 tim yang berasal dari 31 Universitas se-Indonesia yang kemudian melalui proses seleksi menjadi 10 besar tim yang lolos melaju ke babak final.

BACA :  Bupati Sanjaya Buka Festival Ogoh-ogoh Singasana 2024, Usung Pelestarian Adat, Seni, dan Budaya Tabanan

Ia juga memberikan alasan mengangkat tema “Peran mahasiswa sebagai Agent of change di Era New Normal dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19” yaitu karena sebagai mahasiswa kita semua dituntut untuk berperan aktif di masyarakat sebagai agent of change atau agen perubahan terutama di era new normal saat ini.

Sementara Dekan Fakultas Sastra dalam sambutannya mengapresiasi seluruh rangkaian acara ini karena telah diikuti oleh 54 tim yang turut berpartisipasi dalam lomba esai tingkat nasional ini.

Kardana juga berharap agar organisasi mahasiswa Fakultas Sastra dapat membuat acara serupa bertaraf nasional agar Fakultas Sastra Universitas Warmadewa lebih dikenal luas oleh seluruh khalayak.

“Ke depan lomba serupa bisa kita tingkatkan lagi hingga bertaraf internasional sehingga Unwar semakin dikenal di masyarakat,” ungkapnya.

Penulis : Budiarta
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular