Jumat, Juni 21, 2024
BerandaKlungkungJadi Calon Penerima Satyalancana Wira Karya, Bupati Suwirta Diverifikasi Tim Kementerian Sekretariat...

Jadi Calon Penerima Satyalancana Wira Karya, Bupati Suwirta Diverifikasi Tim Kementerian Sekretariat Negara

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menerima kedatangan tim Verifikasi Calon Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Sekretariat Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, bertempat di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (30/5/2023).

Kedatangan tim yang di ketuai oleh Dwi Daryanto ini terkait usulan calon penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya untuk Bupati Klungkung.

Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya merupakan penghargaan yang dianugerahkan kepada seseorang yang telah berjasa dalam memberikan darma baktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

Dalam paparannya Bupati Suwirta, mengisahkan perjalanan kariernya yang diawali menjadi seorang pegawai Koperasi Pasar Srinadi. Berbekal keberhasilannya memajukan Koperasi akhirnya dilirik menjadi Calon Bupati dan berhasil menjadi Bupati Klungkung selama dua periode.

Berkat komitmen, konsistensi dan kerja kerasnya bersama OPD, Bupati Suwirta berhasil meraih apresiasi baik dari pemerintah provinsi maupun pusat. Kabupaten Klungkung juga tercatat sebagai kabupaten dengan penurunan persentase penduduk miskin ekstrim di tahun 2022. Penduduk miskin ekstrim turun 1,03 poin dari 1,51 persen ke 0,48 persen.

BACA :  Diserang DB, Anak 6 Tahun di Klungkung Meninggal

Lewat slogan Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif (Gema Santi) Pemkab Klungkung menciptakan berbagai program inovasi. Program Bedah Desa, sebuah program untuk menginventarisir potensi dan permasalahan di desa juga telah dituntaskan. Dimana sebanyak 54 Desa dan 5 kelurahan berhasil dibedah sejak tahun 2016.

Di bidang kependudukan, sejumlah program dicetuskan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, seperti Belanada, Kawismara, Pitra Bakti, dan Klungkung Dalam Genggaman.

Sedangkan di bidang pendidikan ada program Satu Desa Satu TK Negeri, Gema Arca, Beasiswa KK Miskin dan Angkutan Siswa Gratis.

Bidang Kesehatan dicetuskan program KRIS 118, Universal Heatlh Coverage (UHC) guna menjamin kesehatan seluruh warga Klungkung, Ceting Dengan Jus Fe serta program Kasi Nikah.

Bidang pemberdayaan digagas Program Hidroponik Masuk Desa, Beri Kail Bukan Ikan, Entrepreneur Masuk Desa, Uyah/Garam Kusamba, Bima Juara dan TOSS serta Gema Tansaplas.

Sedangkan mengenai Narkoba, Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan penanganan sampah sudah dimuat khusus dalam aturan adat/awig-awig. Untuk mewujudkan perilaku hidup sehat memberantas penyakit masyarakat Pemkab Klungkung juga telah melakukan pembatasan jam malam dan menutup kafe remang remang.

BACA :  Menko PMK: Percepatan Penimbangan dan Pengukuran Balita Di Seluruh Posyandu

Kondisi stunting di Kabupaten Klungkung yang awalnya sebesar 19,4% pada tahun 2022 kini telah turun menjadi hanya 7,7% setelah dilakukan intervensi ke lapangan oleh tim percepatan penanganan stunting.

Tidak ketinggalan para buruh panggul dan sopir angkutan umum juga sudah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan yang preminya dibayarkan oleh Bupati suwirta selama setahun dari dana operasionalnya.

Bupati Suwirta menegaskan bahwa seluruh program telah berjalan dan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Semua program dibuat bukan semata mata untuk mengejar penghargaan namun murni memang dirancang untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan tinjauan lapangan yakni melihat langsung implementasi program program inovasi, pelatihan Enterpreneur Masuk Desa serta mengamati proses pengolahan sampah di TOSS Center Karangdadi, Kusamba.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular