Jumat, Juni 21, 2024
BerandaDenpasarJadi Duta Denpasar di PKB XLVI, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Semangat...

Jadi Duta Denpasar di PKB XLVI, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Semangat Sekehe GKD Puspa Gita

DENPASAR, balipuspanews.com – Sekehe Gong Kebyar Dewasa (GKD) Puspa Gita, Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur menjadi Duta Kota Denpasar dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI, tahun 2024.

Sekehe GKD Puspa Gita mendapatkan pembinaan dari Konsultan Seni Kota Denpasar, pada Kamis (2/5/2024) malam yang berlangsung di Balai Banjar Tohpati.

Agenda pembinaan dihadiri Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Denpasar yang juga selaku tokoh masyarakat desa setempat, I Wayan Warka, Kadis Kebudayaan, Raka Purwantara, Camat Denpasar Timur, Ni Ketut Srikaryawati, Perbekel Kesiman Kertalangu, I Made Suena, serta dari Desa Adat Kesiman,

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi semangat Sekehe Gong Kebyar Dewasa, Puspa Gita, Banjar Tohpati dalam melaksanakan berbagai persiapan hingga pelaksanaan pembinaan untuk menampilkan tiga materi dalam agenda PKB di Bulan Juni mendatang.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Sekehe Gong Puspa Gita telah siap menjadi Duta GKD dalam PKB Tahun 2024, serta persiapan telah dilaksanakan dalam waktu empat bulan hingga pembinaan di tingkat Kota Denpasar saat ini,” ujarnya.

BACA :  Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Wabup Suiasa Ajak Atasi Stunting di Kabupaten Badung

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, masukan hingga bimbingan yang telah diberikan oleh para Konsultan Seni Kota Denpasar sebagai bahan evaluasi dan motivasi dalam mempersiapkan penampilan garapan karawitan, dan tari. Hal ini juga diharapkan nantinya dapat menampilkan garapan yang maksimal dalam seni pertunjukan di ajang bergengsi PKB.

“Para penabuh dan penari telah menguras banyak waktu dalam menerima pembinaan untuk karya maksimal di atas panggung PKB, astungkara proses pembinaan dapat berjalan lancar hingga nanti dapat menyuguhkan sajian, tontonan, hingga hiburan kepada masyarakat Bali yang akan berdampingan dengan Sekehe Gong Kebyar dari Kabupaten Gianyar,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kelihan Adat Banjar Tohpati, I Wayan Yogiana bersama Koordinator Penabuh DR. I Wayan Sukadana menyampaikan, tiga materi garapan sesuai dengan kriteria PKB tahun ini akan ditampilkan Sekehe GKD Puspa Gita. Garapan tersebut meliputi Tabuh Kreasi Pepanggulan dengan judul “Brare”, Tari Kreasi Topeng Bugis, dan Pragmentari berjudul “Wira Guna Abinaya Ngeraja Kuning”.

“Terima kasih kepada wali kota dan wakil wali kota serta jajaran Pemkot Denpasar atas kesempatan dan kepercayaan kepada Sekehe Gong Puspa Gita sebagai Duta GKD Kota Denpasar, serta telah mendapatkan masukan dan saran dari Konsultan Seni Kota Denpasar untuk mempertajam kembali garapan hingga penampilan nanti di panggung PKB XLVI,” ujarnya.

BACA :  Desa Dawan Klod Raih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Desa Pangan Aman

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular