Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Pemkab Gianyar Anggarkan Penataan Taman dan Pembangunan Patung Kapten Dipta Rp. 58 Miliar

GIANYAR, balipuspanews.com – Menyambut perhelatan piala dunia U-20 tahun 2021 mendatang berbagai penataan dilakukan di seputaran Stadion Kapten I Wayan Dipta. Mulai penataan kebun sepanjang jalan menuju stadion hingga pembangunan patung Kapten I Wayan Dipta. Total anggaran yang dipergunakan oleh Pemkab Gianyar mencapai Rp. 58 miliar. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bappeda Gianyar, I Gede Widarma Suharta saat ditemui, Selasa (20/10/2020).

Menurut Widarma, penataan lingkungan tersebut memang tugas dari Pemkab Gianyar.

“Untuk menyambut piala dunia ini Pemkab Gianyar mendapatkan beberapa tugas. Mulai dari penataan lingkungan di sekitar stadion, dan sudah dilakukan tahun 2020 ini. Menata taman di sepanjang Bypass Dharma Giri, dan pembangunan patung Kapten I Wayan Dipta,” jelasnya.

Disinggung anggaran, Widarma menyampaikan sebesar Rp. 58 miliar namun belum termasuk pembuatan tempat parkir. Disebutkan proses penataan termasuk pembuatan tempat parkir tahun depan dipastikan selesai.

“Tahun depan selesai, dan lahan parkir sudah ada lokasi sehingga tinggal proses pembangunan. Untuk total penataan dianggarkan Rp. 58 miliar,” sambungnya.

Untuk lahan parkir disebutkan ada di wilayah Banjar Getas, Desa Buruan, dengan menyewa tanah milik warga selama 20 tahun. Luas lahan yang digunakan seluas 1,7 hektare.

“Lahan parkir itu ada di Getas, Buruan, sekitar 20 meter keselatan dari jalan utama. Luas awalnya 1,7 hektare, baru awal, kemungkinan nanti ada pengembangan lagi. Itu kita sewa milik warga selama 20 tahun,” terang Widarma.

Sedangkan Ketua Komisi III DPRD Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardana menjelaskan kedatangan Dewan Bali untuk mensupport penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Gianyar.

“DPRD Provinsi sedang persiapan membahas KUA-PPAS 2021, kami berupaya seandainya masih ada kekurangan yang bisa kami siapkan terutama infrastruktur di luar vanue akan kami siapkan,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan untuk lahan parkir memang sudah masuk BKK kepada Kabupaten Gianyar. Dimana untuk lahan parkir disiapkan sebesar Rp. 10 miliar. Dalam kunjungannya Komisi III DPRD Bali mendengar pemerintah pusat hanya memberikan bantuan 5 ribu single shit.

“Kalau memang tidak dari kementerian PUPR memfasilitasi agar segera kami bisa siapkan,” imbuhnya.

PENULIS : Ketut Catur

EDITOR : Oka