Selasa, Mei 21, 2024
BerandaKarangasemJaga Keamanan Pangan, BBPOM Denpasar Gelar Program GKPD di Karangasem

Jaga Keamanan Pangan, BBPOM Denpasar Gelar Program GKPD di Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar menggelar Advokasi terpadu program desa pangan aman (GKPD) pangan jajanan yang dikonsumsi anak usia sekolah (PJAS) dan pasar aman berbasis komunitas di Kabupaten Karangasem, Jumat (22/4/2022)

Kegiatan yang berlangsung di aula SKB Jasri, Kelurahan Subagan, Karangasem tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BBPOM Denpasar, I Made Bagus Garametta dengan menghadirkan puluhan peserta yang berasal dari perwakilan sekolah, Desa dan pasar yang ada di Karangasem.

Menurut Garametta, kegiatan tersebut merupakan salah satu program keamanan pangan nasional yang terdiri dari tiga yaitu gerakan kemanan pangan Desa, pangan jajanan sekolah yang aman dan pasar aman berbasis komunitas.

“Tujuannya bagaimana kita untuk menghasilkan pangan yang aman bermanfaat dan bermutu,” ujarnya.

Dari 3 program tersebut, yang pertama dilakukan adalah tahapan Advokasi, dilanjutkan dengan melatih kader dan ke sekolah, tujuannya adalah pengawasan berbasis komunitas. Dengan melatih komunitas ini harapannya agar dalam pengawasan kedepannya tidak selalu dilakukan oleh badan POM, melainkan bisa langsung dilaksanakan oleh komunitas baik di pasar, desa maupun disekolah.

BACA :  Waduh, 4 Bulan Terakhir Laporan Kejahatan Terhadap Anak di Buleleng Capai Belasan

“Harapan kita agar pengetahuan sikap dan perilaku bisa berubah sehingga mereka mengetahui bagaimana memilih pangan yang aman, bermanfaat dan bermutu,” jelasnya.

Selain itu, dengan adanya pelatihan berbasis komunitas ini juga dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara mengetahui adanya pangan yang berpotensi mengandung zat berbahaya. komunitas juga akan dilatih menggunakan alat tes agar nantinya bisa secara langsung mencari sample di pasar, di desa maupun jajanan anak sekolah.

Sementara itu, untuk menghindari pangan dengan zat berbahaya, Metta mengingatkan agar dalam memilih pangan lebih memperhatikan, misalnya warna hingga tekstur makanan. Jika memungkinkan hindari warna makanan yang sangat mencolok serta memperhatikan kemasannya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular