Jumat, Juni 21, 2024
BerandaKlungkungJaga Toleransi Antar Umat, Umat Muslim di Klungkung Gelar Tradisi Nyapar Kampung...

Jaga Toleransi Antar Umat, Umat Muslim di Klungkung Gelar Tradisi Nyapar Kampung Kusamba 

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri kegiatan Tradisi Nyapar didampingi Camat Dawan I Dewa Gede Widiantara dan Camat Klungkung I Putu Arnawa, yang bertempat di Pantai Kampung Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Rabu (13/9/2023).

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta sangat mengapresiasi kegiatan Nyapar tersebut. Dengan terus menggelar kegiatan ini tradisi akan terus terjaga. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan rasa bahagia, karena Nyapar ini diadakan di tepi pantai karena akan mampu melebur energi negatif atau jahat ke laut.

Wabup Kasta juga berharap bisa diagendakan tahunan, agar pemerintah bisa membantu kegiatan tersebut.

“Dengan tradisi ini akan menjaga toleransi dan saling menghormati dengan sesama umat atau dengan umat yang lainnya agar Klungkung akan menjadi aman, tentram, dan damai,” ujarnya.

Perbekel Kampung Kusamba, Syahrul Ramadan menyampaikan, kegiatan Nyapar ini digelar setiap tahun minggu terakhir bulan safar. Tujuan daripada tradisi ini adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada’Nya atas semua rizki dan berdoa memohon keselamatan serta menolak bala atau energi negatif.

BACA :  Desa Penyaringan Dinilai Lomba Keamanan Lingkungan se-Bali

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kampung Gelgel, Lebah, dan Kampung Jawa. Selain hal disampaikan tadi, tradisi Nyapar juga bertujuan untuk memupuk tali silaturahmi antar umat untuk menjaga keharmonisan antar sesama agar kedamaian bisa terwujud.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular