Jajaki Subak, Dewan Serap Aspirasi dan Serahkan Bantuan Alsintan

Penyerahan secara simbolis alsintan oleh anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dewa Gede Sugiharto di Subak Babakan, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng
Penyerahan secara simbolis alsintan oleh anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dewa Gede Sugiharto di Subak Babakan, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com– Untuk mendukung dan memperlancar para petani dalam mengelola sawah supaya tetap bisa mendapat hasil maksimal. Perhatian terus diberikan oleh pemerintah, terbukti pada Minggu (11/9/2022) berlokasi di Wantilan Pura Subak Babakan Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan anggota DPRD Buleleng Dewa gede Sugiharto menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (ALSINTAN) petani yang ada di Subak Babakan.

Penyerahan juga dilakukan didampingi oleh anggota DPRD Provinsi Bali Gede Kusuma Putra, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Made Siladharma, S.TP, Kepala Desa Kerobokan, dan Kelian Subak Babakan.

Dewa gede Sugiharto menjelaskan bantuan Alsintan berupa Traktor merupakan hasil usulan dari petani pada saat reses yang dilaksanakan sekitar 6 bulan lalu bersama Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna di Serbaguna Desa Kerobokan.

Baca Juga :  Munculkan Wisata Kearifan Lokal, Bupati Sanjaya Dukung Dewi Gunung Salak Festival 2022  

Lalu dirinya menekankan bahwa bantuan tersebut menjadi bukti sekaligus realisasi nyata kepedulian dewan sebagai perwakilan masyarakat untuk memajukan pertanian di Kabupaten Buleleng.

Disamping itu, politisi asal Kelurahan Penarukan ini meminta para petani, tidak hanya di Subak Babakan namun untuk subak lain di Kabupaten Buleleng agar mengajukan permohonan bantuan atau usulan yang nanti sumber dananya dari APBN melalui program aspirasi dari Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Bali Drs I Made Urip M.Si yang difasilitasi olehnya.

“Apa yang menjadi usulan para petani 6 bulan lalu di Serbaguna Desa Kerobokan, kita telah realisasikan. Kita tidak berhenti disini saja, kita juga persilakan subak lain untuk mengajukan usulan untuk meningkatkan kualitas pertanian di Buleleng,” ujarnya saat ditemui seusai acara.

Baca Juga :  Balitbang Badung Gelar Lokakarya Pembuatan Kebijakan Berbasis Bukti Secara Daring

Dewa Sugiharto bahkan berharap dengan adanya realisasi bantuan dari barat hingga timur Kabupaten Buleleng melalui dana yang bersumber dari APBN tidak ada lagi petani yang hanya sekedar bertani atau tidak serius dalam bidang pertanian.

Sebab jika sudah serius maka dirinya bersama Drs I Made Urip, M.Si siap berjuang agar apa yang menjadi aspirasi bisa terus dibantu apapun itu.

“Jadi kalau mau jadi petani harus fokus bisa kita lihat seperti di Australia mereka fokus dalam mengerjakan segala hal termasuk pertanian jadi hasilnya bisa maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Krobokan, Putu Wisnu Wardana menyampaikan terimakasih atas perhatian yang di berikan kepada para petani di tiga subak yakni Kerobokan, Lanyahan, dan Babakan. Dirinya berharap, pemerintah terus dapat dekat dengan masyarakat.

Baca Juga :  Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono Sampaikan 4 Program

“Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya karena telah menerima bantuan Traktor yang akan di manfaatkan oleh krama subak babakan di desa krobokan. Saya harap pemerintah tetap dekat dengan masyarakat dan dapat mewujudkan aspirasi dari masyarakat,” kata Wardhana.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan