Jalan utama Desa Tulikup Gianyar rusak parah. - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.

GIANYAR, balipuspanews.com – Jalan raya penghubung Desa Tulikup dengan Bypass I.B Mantra terlihat rusak parah, bahkan bila terus dibiarkan dapat menimbulkan kecelakaan.

Seperti pantauan Balipuspanews.com di lokasi, jalan utama desa tersebut rusak. Lubang jalan yang cukup tebal sangat membahayakan, terutama pada malam hari dapat sangat membahayakan karena minimnya lampu penerangan jalan yang dipasang.

Salah satu warga tulikup Wayan Anik menjelaskan bahwa jalan yang rusak ini sangat dikeluhkan oleh masyarakat, meskipun bukan jalan protokol namun tentunya masyarakat sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah khususnya Pemda Kabupaten Gianyar.

“Kami sangat berharap jalan ini segera diperbaiki, apalagi terutama ini jalan perekonomian kami, ” ujarnya, Minggu (28/7/2019).

Wayan Nanik mengungkapkan bahwa tidak sedikit warga atau pengguna jalan yang melintas terjatuh akibat jalan yang berlubang dan bekas tembelan. “Sering ada yang jatuh karena jalan berlubang, ” katanya.

Kepala Desa Tulikup Made Ardika menjelaskan bahwa pihaknya sudah berlobi ke Kantor Bupati Gianyar terkait memohon bantuan untuk perbaikan jalan Desa Tulikup, saat ini pihaknya tinggal menunggu realisasi pada bulan Agustus 2019.

“Sebelum jadi perbekel satu tahun yang lalu saat pak bupati masih manjadi wakil tiang sudah berlobi, dan setwlah jadi perbekel kurang lebih delapan bulan yang lalu lagi tiang menghadap bapak bupati bersama kadus sedesa Tulikup untuk menyampaikan masalah aspal jalan utma. Sudah direspon sama pak bupati, astungkara bulan Agustus sudah terealisasi. ” katanya.

Terkait penggunaan dana anggaran dari desa, dilanjutkan Made Ardika bahwa bila menggunakan anggaran dari desa pihaknya belum dapat menyanggupinya karena keterbatasannya anggaran. Terlebih lagi anggaran untuk Desa Tulikup masih dibagi untuk keperluan desa lainnya.

“Kalau anggarannya dari desa kita belum kuat, karena anggaran terbatas dan masih harus dibagi lagi untuk keperluan lainnya.” ungkapnya. (catur/bpn/tim).