Selasa, Februari 27, 2024
BerandaBangliJamin Terpenuhinya Hak Anak, Fraksi Demokrat DPRD Bangli Dukung Ranperda Layak Anak

Jamin Terpenuhinya Hak Anak, Fraksi Demokrat DPRD Bangli Dukung Ranperda Layak Anak

BANGLI, balipuspanews.com – Ranperda Kabupaten Layak Anak yang diajukan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha mendapat dukungan dari fraksi Demokrat DPRD Bangli. Dalam penyampaian pemandangan umum fraksi, Selasa (21/11/2023), partai berlambang mercy itu berkomitmen dan mendorong pemerintah Kabupaten Bangli memiliki system pembangunan berbasis hak anak dan mengintegrasikan sumber daya pemerintah, swasta atau dunia usaha, masyarakat luas secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam wujud kebijakan dan program untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

Fraksi yang dipimpin oleh I Made Sudiasa ini berharap dan mendambakan serta mendukung kebahagiaan, kemerdekaan dan tumbuh kembang anak.

“Tumbuh kembang anak layak untuk diperjuangkan. Kami sangat yakin bahwa semua orang tua berharap anak atau generasi penerus menjadi suputra,” kata Ketua Fraksi Demokrat Made Sudiasa.

Fraksi Demokrat juga sangat setuju kesetaraan hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan setara dan seimbang dengan tetap memperhatikan kodrat alamiah nilai nilai local jenius dan nilai nilai maskulinisme dan feminism.

Selain mendukung Ranperda Kabupaten Layak Anak, fraksi Demokrat juga mendukung Ranperda Pengarusutamaan Gender. Menurut Sudiasa, pihaknya sangat setuju kesetaraan hak dan kewajiban laki laki setara dan seimbang dengan tetap memperhatikan kodrat

BACA :  Hujan Deras, Air Turun Dari Bukit Pura Pulaki Layaknya Air Terjun Alami

Fraksi Demokrat memandang pengarustamaan gender sesuai Inpres No. 9 tahun 2000 tentang Pengarustamaan Gender dalam pembangunan nasional dan Permendagri No. 67 tahun 2011 tentang perubahan atas Permendagri No. 15 tahun2008 tentang pedoman pelaksanaan pengarustamaan gender.

Hal ini untuk memenuhi rasa keadilan dan kesetaraan dalam aspek kemanusiaan dan penting keterlibatannya dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kebijakan pada semua bidang, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, hukum, pangan dan sosial budaya.

Terkait permasalahan dan potensi yang belum tersentuh dalam isu gender, Demokrat mendorong dilakukan upaya yang cepat, efektif dan solutif oleh instansi terkait dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Untuk itu, kami sangat setuju dan mendukung kedua Ranperda ini dibahas serta diputuskan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Sudiasa.

Penulis/Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular