Keterangan Foto : Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara bersama Sekda Kota Denpasar, A.A. Rai Iswara saat menghadiri upacara Pemelaspasan, Ngingsah dan Mecaru Panca Kelud di Pura Dalem Sakenan Serangan, pada Minggu (28/7)
Keterangan Foto : Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara bersama Sekda Kota Denpasar, A.A. Rai Iswara saat menghadiri upacara Pemelaspasan, Ngingsah dan Mecaru Panca Kelud di Pura Dalem Sakenan Serangan, pada Minggu (28/7)
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Serangkaian upacara Pemelaspasan, Ngingsah dan Mecaru Panca Kelud di Pura Dalem Sakenan Serangan dilaksanakan bertepatan dengan Redite Wage Kuningan, Minggu (28/7). Dalam acara ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, AA. Rai Iswara, Penglingsir Puri se Bali dan Denpasar, penglingsir Griya serta kepala OPD dilingkungan Pemkot Kota Denpasar dan masyarakat setempat. Tampak Hadir Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, penglingsir Puri Satria AA. Ngurah Oka Ratmadi, AA. Ngurah Jaka Pratidnya Jro Kuta, Penglingsir Puri Kesiman AA Ngurah Kusuma Wardana, Cok Gde Nindya Puri Peliatan, Tjok Gde Putra Sukawati Penglingsir Puri Ubud dsb.

Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara  mengatakan persembahyangan ini dilakukan dalam rangka Melaspas, Ngingsah dan Mecaru Panca Kelud bersama seluruh pimpinan OPD yang berada di lingkungan Pemkot Denpasar untuk memohon kerahayuan baik secara skala maupun niskala bagi seluruh masyarakat. Kerahayuan ini tentu akan berdampak pada pelayanan yang maksimal bagi seluruh masyarakat dalam mewujudkan Kota Denpasar yang cerdas dan berbudaya.

“Jika pelayanan masyarakat dilakukan dengan maksimal, niscaya masyarakat Kota Denpasar akan merasakan kepuasan dan kesejahteraan,” Ujar Jaya Negara.

Sementara Manggala karya yang merupakan Bendesa Adat Pemogan, A.A. Arya Ardana dalam laporannya mengatakan Pura Dalem Sakenan ini diempon 4 Desa Adat antara lain Desa Adat Serangan, Desa Adat Kepaon, Desa Adat Kelan dan Desa Adat Pemogan. Upacara ini dimulai sejak tanggal 10 Juli 2019 dilaksanakan dengan acara Matur Piuning, 12 Juli 2019 acara Marisuda Bumi dan Nyukat Genah, 28 Juli 2019 acara Ngingsah, Mlaspas dan Mecaru Panca Kelud, 31 Juli 2019 Melasti, Mendak Agung lan Mendak Siwi, 1 Agustus 2019 Mepepada Karya, 3 Agustus 2019 Puncak Karya, 4 Agustus 2019 Penganyar oleh Pemkot Denpasar, 5 Agustus 2019 Penganyar oleh Camat Dentim, 6 Agustus 2019 penganyar oleh Camat Densel, 7 Agustus 2019 Penganyar oleh Camat Denbar, 8Agustus 2019 Penganyar ooleh Camat Denut, 9 Agustus 2019 Penganyar oleh Permas Sakenan, 10 Agustus 2019 Penyineban Karya oleh Kemkab Badung, dan berakhir pada tanggal 15 Agustus 2019 yang dilaksanakan dengan upacara Nyegara Gunung.

“Hari ini dilaksanakan upacara Pemelaspasan, Ngingsah, Mecaru Panca Kelud dan sembahyang bersama yang dipuput oleh 3 pedanda yaitu Ida Pedanda Istri Raka Griya Tegal, Ida Pedanda Gede Oka Timbul, Ida Pedanda Budha Griya Taman Sukawati. “Kami   mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wakil Walikota, Sekda Kota Denpasar, Penglingsir Puri se Bali dan Denpasar, penglingsir Griya dan masyarakat yang sudah hadir dan menyaksikan upacara Ngingsah Mecaru Panca Kelud di Pura Dalem Sakenan” katanya, (rls/bpn).