Keterangan Foto : Wakil Walikota Denpasar IGN. Jaya Negara bersama Karang Taruna Bhakti Sumerta Kelod dan Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah melakukan giat bersih lingkungan, sungai serta penebaran benih ikan lele di bantaran sungai Terbin kawasan Br. Kepisah, Desa Sumerta Kelod, pada Jumat (14/6) pagi.
Keterangan Foto : Wakil Walikota Denpasar IGN. Jaya Negara bersama Karang Taruna Bhakti Sumerta Kelod dan Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah melakukan giat bersih lingkungan, sungai serta penebaran benih ikan lele di bantaran sungai Terbin kawasan Br. Kepisah, Desa Sumerta Kelod, pada Jumat (14/6) pagi.
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, Karang Taruna Bhakti Sumerta Kelod bersinergi dengan Pemkot Denpasar melakukan aksi penyelamatan lingkungan dan sungai di Bantaran Sungai Terbin kawasan Banjar Kepisah, Desa Sumerta Kelod yang akan dijadikan sebagai river park (sungai bertaman). Dimana kegiatan ini di hadiri langsung Wakil Walikota Denpasar IGN. Jaya Negara yang dalam kesempatan juga berkesempatan melepas bibit ikan lele dan panen ikan lele secara simbolis, pada Jumat (14/6) pagi.

Sejak pagi nampak ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat dan OPD sudah melakukan bersih bersih di sepanjang bantaran sungai. Dalam kegiatan ini Karang Taruna Bhakti Sumerta Kelod bersama Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah melakukan Panen Raya yaitu panen perdana Ikan Lele yang didapat dari sumbangan warga dan dipanen setelah berumur 3 bulan yang selanjutnya dilakukan penebaran benih Ikan Lele lagi sebanyak 5000 ekor, penanaman Pohon Flamboyan sebanyak 20 batang pohon dan pembersihan sungai yang dibantu oleh Pasukan Katak Desa Sumerta Kelod.

Saat ditemui disela-sela kegiatan Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara yang didampingi Camat Denpasar Timur, Wayan Herman dan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Denpasar Dewa Gede Rai, mengatakan kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk menjaga lingkungan, selain itu juga bisa memotivasi karang taruna di wilayah lain khususnya di Kota Denpasar untuk menjaga lingkungan dan sungai agar tetap bersih dan hijau. “Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Jaya Negara, kita semua harus peduli terhadap lingkungan. Karena lingkungan yang bersih dan asri akan diwariskan kepada anak cucu kita nanti. “Diharapkan gerakan kebersihan ini dilaksanakan secara rutin dan dihimbau untuk masyarakat sekitar untuk ikut membantu dan mendukung dengan tidak membuang sampah ke sungai terutama sampah plastik karena butuh waktu sangat lama untuk penguraiannya”.

Sementara Ketua Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah Wayan Wijaya mengatakan, berawal dari keinginan kami untuk memanfaatkan lahan tidur yang dipenuhi tanaman liar dan terbengkalai, kemudian lahan tersebut kami manfaatkan untuk ditanami tanaman yang bermanfaat seperti Bunga Gemitir, Pacar, Kamboja, Pisang, Cabai, Terong dan lainnya. Selain menanam pohon kami juga memanfaatkan selokan bersih khusus untuk budi daya pembibitan Ikan Lele yang dikelola oleh Karang Taruna yang dibantu warga sekitar,“ujarnya.

Ketua Karang Taruna Bhakti Desa Sumerta Kelod,  Yande Adiana mengatakan, tujuan acara pada pagi ini yaitu bentuk kepedulian karang taruna pada lingkungan bekerja sama dengan Komunitas Kali Bersih Warga Empelan Terbin Dangin Tukad Kepisah yang menyulap kawasan yang kotor dan kumuh menjadi tempat yang bersih dan layak untuk dikunjungi, “ujarnya.

“Kami berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan Sungai Empelan Terbin ini agar dapat menjadi tempat rekreasi dan obyek wisata unggulan di Desa Sumerta Kelod kedepannya”, kata Adiana, (rls/bpn).