Jumat, Maret 29, 2024
BerandaTabananJebol Sejak 6 Tahun Lalu, Akses Jalan Ngayut Ke Tukad Yeh Panahan...

Jebol Sejak 6 Tahun Lalu, Akses Jalan Ngayut Ke Tukad Yeh Panahan Putus Total

TABANAN, Balipuspanews.com – Sejak enam tahun lalu atau sejak tahun 2012 lalu akses jalan setapak menuju Tibu Pengrarungan di Tukad Yeh Panahan, Banjar Dangin Carik, Desa Dajan Peken putus akibat longsor oleh gerusan air hujan dan air got pembuangan. Akibatnya, warga yang bertujuan melakukan ritual Ngangkid dan Ngayut ke Tibu Pengrarungan tersebut harus melakukan ditempat lain.

Lokasi ini bertempat diujung bawah Jalan MT. Haryono Gang IV, Banjar Dangin Carik, Tabanan. Longsornya jalan setapak yang lebarnya satu meter dengan panjang sekitar dua puluh meter ini juga mengakibatkan tembok penyengker rumah seorang warga setempat turut longsor dan menghanyutkan sebagian tanah pekarangannya.

Kepada awak media ini, I Wayan Windra korban longsor yang berdampingan langsung dengan jalan setapak tersebut mengatakan sejak enam tahun lalu sudah longsor. Hal tersebut kemudian dilaporkannya kepada beberapa pihak, anggota DPRD Tabanan dan termasuk ke pemerintah Desa Dajan Peken dan BPBD Tabanan.

“Hingga saat ini, belum ada upaya perbaikan. Saya khawatir longsornya semakin parah dan pekarangan saya juga semakin luas tergerus,” ungkapnya.

Menurutnya, selain karena pengaruh hujan, longsor yang semakin parah ini juga diakibatkan dinding saluran got juga ikut jebol. Saluran got ini sendiri merupakan saluran pembuangan beberapa telabah atau got menuju sungai Yeh Panahan.

Terkait dengan jebolnya dinding got saluran pembuangan, Windra juga menyebutkan sering terjadi dibeberapa titik. Warga di gang IV itu kemudian melakukan perbaikan dengan mengupah tukang.

“Untuk jebolnya tanah ini kami tidak bisa memperbaikinya karena membutuhkan biaya hingga seratusan juta,” sebut Windra pensiunan Dinas PU Provinsi Bali ini.

Windra yang mengalami kerugian puluhan juta ini kemudian berharap agar instansi terkait di Tabanan segera memberikan perhatian dan melakukan renovasi terhadap jebolnya akses jalan setapak ini. Sehingga warga yang bermaksud menggelar ritual ke sungai Yeh Panahan bisa berjalan normal kembali. (rah/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular